Tingkatkan Performa, Pembelajaran Daring Dievaluasi

  • Bagikan
SMP Negeri 3 Pemalang
DIDIKAN: Taman sekolah SMP Negeri 3 Pemalang. (UFAN FAUDHIL / JOGLO JATENG)

PEMALANG – Tahun ajaran 2020/2021 telah berlangsung satu semester. Banyak hal yang sudah dikerjakan oleh penyelenggara sekolah maupun murid. Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Pemalang, Susilo. Menurutnya, semester gasal lalu menjadi gambaran dan evaluasi bagaimana proses pembelajaran yang akan berjalan ke depannya.

“Semester lalu menjadi tolak ukur untuk semester dua ke depan. Para guru sudah cukup mengetahui dan mulai terbiasa peelajaran secara daring ini,” ujarnya di Kabupaten Pemalang, Minggu (21/2).

Wali Kota Semarang

Susilo menggambarkan bagaimana proses pembelajaran semester satu yang lalu. Ia mengatakan, SMP Negeri 3 Pemalang mempunyai dua cara pembelajaran saat pamdemi seperti sekarang. Dimulai dari daring, yakni pembelajaran melalui internet di mana para siswa belajar lewat telepon seluler.

“Para siswa yang sudah difasililtasi orang tua dengan ponsel bisa langsung mengunduh materi. Bisa juga guru menjelaskan secara virtual melalui aplikasi semacam Google Meet dan Zoom,” jelasnya.

Baca juga:  12 Ribu Desa Belum Tersambung Internet

Model pembelajaran kedua, lanjutnya, yakni lewat luring. Pada sistem ini, guru mencetak tugas atau materi yang kemudian diletakan di rak khusus sesuai mata pelajaran. Orang tua akan langsung ke sekolah untuk mengambil materi atau tugas yang bakal dikerjakan oleh anak mereka.

“Metode luring ini sangat membantu para siswa yang memiliki keterbatasan jaringan ataupun bagi mereka yang memang dari keluarga kurang mampu,” imbuh Susilo.

Dari kedua metode yang sudah berjalan ini, Susilo berharap agar semua siswa serta guru bisa belajar dan mengajar secara maksimal. Ia menginginkan semuanya bisa tetap semangat walaupun sedang berada di tengah segala keterbatasan.

“Kekurangan pasti selalu ada. Namun, saya harap siswa dan juga guru bisa mengikuti proses belajar dan mengajar dengan sebaik-baiknya,” pungkas Susilo. (cr8/abu)

Pemalang
  • Bagikan