Tingkatkan Kompetensi Guru, Joglo Jateng Adakan Pelatihan Menulis

  • Bagikan
TANGKAP LAYAR : Ratusan guru mengikuti pelatihan menulis lewat aplikasi Zoom, belum lama ini.

SEMARANG – Sebanyak 140 an guru jenjang SD sampai SMA mengikuti pelatihan menulis artikel ilmiah populer yang diselenggarakan Joglo Jateng bekerjasama dengan Universitas Muria Kudus (UMK) dan Klikbervisi secara daring, belum lama ini. Pelatihan tersebut guna membekali guru agar tulisannya dapat dimuat di media massa.

Pemimpin redaksi Joglo Jateng Gigih Firmansyah mengatakan, guru diharapkan bisa meramaikan tulisannya di media massa. Selain untuk kepentingan publikasi guru, agar tulisan guru bisa dibaca masyarakat luas.

“Ide-ide guru perlu dibagi di media massa, agar bisa menjadi inspirasi guru yang lain,” ujarnya, Senin (15/3).

Dalam pelatihan tersebut, Gigih menjelaskan, perbedaan menulis artikel ilmiah populer dan artikel ilmiah di jurnal. Menurutnya, artikel ilmiah populer bahasanya lebih ringan dan tidak kaku karena sasarannya masyarakat umum.

Baca juga:  Perlunya Kreativitas di Masa Pandemi

“Kalau jurnal kan lebih spesifik pembacanya. Jurnal biologi misalnya, yang baca kebanyakan orang-orang yang mempnyai konsentrasi di bidang biologi. Kalau koran semua orang,” paparnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMK, Dr Slamet Utomo mendukung adanya pelatihan tersebut. Pihaknya mendorong agar guru-guru sekarang lebih produktif menulis. Baik di media massa maupun di jurnal penelitian.

“Saya mendukung guru-guru bisa menulis di media massa. Selain itu silakan para guru menulis juga di jurnal penelitian. UMK punya beberapa jurnal di mana guru bisa menulis di situ,” katanya. (gih/git)

  • Bagikan