Target Pembanguan Pelabuhan Onshore Tahun Ini

EKONOMI LOKAL: Kapal bersandar di Pelabuhan Onshore Kota Pekalongan yang ditargetkan dibangun tahun ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

PEKALONGAN – Pembangunan Pelabuhan Onshore Kota Pekalongan ditargetkan bisa terwujud di tahun ini. Pembangunan pelabuhan ini dilakukan sebagai upaya mendukung industrialisasi perikanan dan mengembalikan kejayaan perikanan daerah setempat.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid telah membahas pembanguan Pelabuhan ini ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) RI. Hal ini dilakukan agar bisa segera terealisasikan dalam waktu dekat.

“Untuk kelanjutan pelabuhan onshore,kita akan terus komunikasikan. Mudah-mudahan dengan pertemuan ini dan rencana Pemkot akan berangkat ke Jakarta juga,semoga ini bisa terealisasikan,” katanya kemarin.

Baca juga:  Pj Gubernur Jateng Tinjau Banjir Pekalongan, Serahkan Bantuan Senilai Rp160 Juta

Pemerintah setempat erus mendorong sektor perikanan lokal, sehingga jika nantinya pelabuhan Onshore bisa terwujud, selain sebagai penanggulangan rob, juga diharapkan mampu memajukan kembali sektor perikanan. Sekaligus meningkatkan produksi perikanan yang ada di Kota Pekalongan.

“Untuk target mudah-mudahan tahun ini bisa clear,kuncinya apapun kita harus menyiapkan program,menyiapkan lahan aset Kota Pekalongan yang sudah clear and clean, sehingga bisa dengan mudah,” imbuhnya.

Dengan program dan lahan yang sudah disiapkan tentunya daerah tersebut akan maju ke Kementerian bisa lebih enak. Ia berharap tahun ini sudah ada kepastian, mengingat lokasi yang akan dijadikan pelabuhan tersebut sudah disurvei.(hms/akh)