E-Retribusi Tiga Pasar di Kabupaten Kudus Masih Dipersiapkan

  • Bagikan
Albertus Harys Yunanto.
Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Albertus Harys Yunanto. (SYAMSUL HADI/JOGLO JATENG)

KUDUS – E-retribusi yang hendak ditambah di tiga pasar di Kabupaten Kudus masih dalam proses penyiapan sarana prasarana (sarpras). Yakni di Pasar Jember, Pasar Bitingan, dan Pasar Baru.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto mengatakan, e-retribusi yang hendak ditambah tersebut kini masih dalam tahap penyiapan. Diantaranya yakni proses percetakan kartu dan sebagainya.

“Selain itu, kami juga masih menunggu pihak dari Bank Jateng. Dimungkinkan e-retribusi tersebut bisa berjalan pada pertengahan tahun ini,” ucapnya, kemarin.

Harys juga merincikan, total jumlah pedagang yang ada di tiga pasar tersebut yakni ada sekitar 3.100 pedagang. Nantinya masing-masing akan diberikan kartu e-retribusi sesuai dengen jumlah itu.

“Di Pasar Bitingan ada 1.622 pedagang, Pasar Baru 775 pedagang, dan Pasar Jember 712 pedagang. Untuk kendala yang kami alami sendiri saat ini, yakni pada top up kartu tersebut,” rincinya.

Baca juga:  Pelacakan Penyakit TBC Jauh dari Target

Adapun untuk biaya target retribusi pasar di 2021 kali ini di Pasar Bitingan sebesar Rp 500 jutaan, Pasar Baru Rp 320 jutaan, dan Pasar Jember Rp 350 jutaan. Kemudian di Pasar Kliwon Rp 2,2 miliar an, dikarenakan sudah menjadi pasar yang begitu besar di Kabupaten Kudus.

Pihaknya menambahkan, adanya e-retribusi bagi pedagang pasar ini kedepannya pembayaran bisa lebih tertata dari sebelumnya. Sekaligus dapat optimal dalam pemungutan retribusi di pasar-pasar.

“Harapannya dengan adanya e-retribusi ini bisa maksimal pembayarannya. Sekaligus sebagai langkah kami dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun ini. Agar lebih maksimal dari sebelumnya,” pungkasnya. (sam/fat)

  • Bagikan