Ganjar Pranowo Peringatkan Sekolah tak Gelar PTM tanpa Izin

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
SIDAK: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melakukan sidak ke sekolah swasta SMK Hidayah di Banyumanik, Kota Semarang, Rabu (7/4). (HUMAS/JOGLO JATENG )

SEMARANG, Joglo Jateng – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mewanti-wanti semua sekolah di Jawa Tengah tidak colong-colongan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Ia menegaskan, semua sekolah harus mengajukan izin ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melaksanakan program itu.

“Jangan berkerumun. Guru harus memberikan contoh yang baik. Ini saya ingatkan. Ada tiga catatan saya pagi ini yang harus dievaluasi. Kalau tidak taat prokes, izinnya saya cabut,” kata Ganjar saat sidak ke salah satu sekolah swasta SMK Hidayah di Banyumanik Kota Semarang, Rabu (7/4).

Menurut Ganjar, sekolah selain 140 yang ditetapkan uji coba tatap muka harus izin jika ingin menggelar uji coba yang sama. Seperti di SMK Hidayah ini, setelah ditanya mereka sudah mengantongi izin.

“Evaluasi ini kita sampaikan, agar semua peduli. Tadi saya tanya, mereka sudah mendapatkan izin dari dinas untuk UKK (uji kompetensi keahlian), jadi memang boleh,” tegasnya.

Baca juga:  Semangat Mengajar yang Tak Pudar

Ganjar juga akan memerinthakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng mengecek berapa sekolah yang mendatangkan murid, apakah untuk pembelajaran tatap muka atau UKK.

“Tidak boleh colong-colongan. Pengawasan ini sulit, apalagi kalau ada yang tidak izin. Kalau yang sudah izin, bisa kita ngecek satu-satu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Hidayah, Fitri mengatakan, pihaknya belum menggelar pembelajaran tatap muka. Siswa yang masuk hanya siswa yang melaksanakan UKK.

“Kami sudah izin ke Disdikbud Provinsi terkait hal ini. Siswanya juga kami batasi, perkelas hanya 11 siswa dan jaraknya 1,5 meter,” katanya.

Adanya temuan Ganjar tentang guru yang tidak patuh prokes akan segera dievaluasi. Perintah Ganjar membentuk tim Covid-19 juta akan dilaksanakan. (ara/git)

  • Bagikan