Bea Cukai Kudus Sita 600.000 Batang Rokok Ilegal

  • Bagikan
mendampingi dua orang yang diduga terlibat pendistribusian rokok ilegal,
MANFAATKAN: Pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, Jawa Tengah, mendampingi dua orang yang diduga terlibat pendistribusian rokok ilegal, belum lama ini. (ANTARA/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, Jawa Tengah berhasil mengungkap pendistribusian 600.000 batang rokok ilegal. Modus mereka memanfaatkan truk Tronton dengan menutupi rokok dengan barang-barang kebutuhan pokok dan makanan.

Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Gatot Sugeng Wibowo mengatakan, dari barang bukti yang disita, nilai barangnya sebesar Rp612 juta. Menurutnya, potensi kerugian negara sebesar Rp402,19 juta.

“Penindakan berawal dari informasi masyarakat tentang adanya pengangkutan rokok ilegal dengan truk Tronton di pangkalan truk Desa Jati Wetan, Kabupaten Kudus. Atas informasi tersebut, Bea Cukai Kudus melakukan penyisiran di jalan Raya Kudus-Semarang dan menemukan truk sesuai ciri-ciri yang diinformasikan, ujarnya.

Baca juga:  Jumlah Kasus Covid-19 Bertambah, Kini 1.015 Orang

“Truk tersebut sedang melintas di Jalan Raya Kudus-Semarang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Bea Cukai Kudus segera menghentikan truk untuk dilakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan didapati truk mengangkut rokok ilegal sebanyak 33 koli, jenis sigaret kretek mesin (SKM),” imbuhnya.

Rokok tersebut juga dilekati pita cukai palsu yang digunakan untuk jenis sigaret kretek tangan (SKT). Semua barang bukti baik berupa rokok ilegal maupun kendaraan pengangkut rokok tersebut dibawa petugas untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. (ara/zul)

  • Bagikan