Disdikpora Didesak Segera Cairkan BOS

  • Bagikan
Aktivitas belajar mengajar di sekolah dasar
DESAK: Aktivitas belajar mengajar di sekolah dasar (SD) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, belum lama ini. (ANTARA/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – DPRD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mendesak Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) setempat untuk segera mencairkan anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) daerah. Karena BOS dibutuhkan oleh sekolah tingkat SD dan SMP untuk biaya operasional.

Sekretaris Komisi D DPRD Kudus Muhtamat mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini, tentunya sulit mendapatkan anggaran. Sehingga sekolah tentunya juga berharap BOS bisa segera cair.

“Seharusnya Kepala Disdikpora yang baru saja dilantik menjadi definitif, langkahnya seharusnya juga lebih cepat. Belum cairnya BOS daerah juga berpengaruh terhadap honor yang diterima guru non-PNS di sejumlah sekolah baik negeri maupun swasta,” ujarnya.

Kepala SD Berugenjang Darmo mengakui, dana BOS memang belum cair. Sehingga guru non-PNS yang sebelumnya bisa mendapatkan honor dari anggaran BOS daerah tersebut. Adapun honor yang diberikan saat ini, kata dia, merupakan hasil swadaya dari komite sekolah dan para guru PNS.

Baca juga:  Wisata Air Tiga Rasa Rejenu Mulai Banyak Pengunjung

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Eko Djumartono mengungkapkan, BOS daerah bisa dicairkan dan sudah disampaikan kepada Disdikpora Kudus. Anggaran tersebut memang direncanakan terkena refocusing. Tetapi untuk kebutuhan yang krusial seperti membayar gaji guru kategori dua atau non-PNS, bisa dicairkan lebih dahulu.

“Nominal BOS daerah untuk SD sebesar Rp12,86 miliar. Sedangkan untuk SMP sebesar Rp9,15 miliar. Sepanjang ada surat perintah mencairkan (SPM) dari Disdikpora Kudus, kami siap mencairkan,” pungkasnya. (ara/zul)

  • Bagikan