Dua Pencuri Diringkus saat Memakai Sabu

  • Bagikan
Kapolres Kudus saat gelar perkara di Polres Kudus
RINGKUS: Kapolres Kudus saat gelar perkara di Polres Kudus dengan awak media terkait penangkapan dua pencuri yang menyatroni rumah kosong, belum lama ini. (SYAMSUL HADI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Polres Kudus berhasil meringkus dua pencuri yang menyatroni rumah di Kota Kretek. Mereka berinisial ON dan WH warga Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Saat ditangkap pada Rabu (21/4) lalu di Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, pelaku tengah berpesta sabu.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, para pelaku tersebut beraksi di dua lokasi rumah yang berbeda. Yakni di Desa Glagah Kulon, Kecamatan Dawe pada 5 April lalu, dan sebuah rumah di Desa Bulung Kulon, Kecamatan Jekulo pada 20 April lalu.

“Kami saat ini masih memburu satu pelaku yang masih buron, berinisial KR. Menurut keterangan ON, mereka beraksi di dua TKP. Saat di Dawe ia bersama KR. Kemudian pada saat melakukan aksi di Jekulo ON mengajak WH,” ucapnya.

Pihaknya meneruskan, para pelaku beraksi dengan cara meminta sumbangan pembangunan gedung asrama anak yatim. Jika dalam aksinya mendapatkan rumah yang ditinggal penghuninya, mereka segera melaksanakan tujuan utamanya, yakni menyatroni.

“Jika didapati rumah yang kosong atau sedang ditinggal penghuninya, mereka kemudian mencukil pintu dan mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam. Seperti emas, uang, HP, surat kendaraan, dan lainnya,” jelasnya.

Baca juga:  Tiga Warga Negera Indonesia Positif Terjangkit Virus Corona

Adapun untuk kerugian yang dialami korban atas tindakan sang pelaku mencapai puluhan juta. Di lokasi pertama kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp 60 juta, lalu di lokasi kedua ditaksir mencapai Rp 33 juta.

Sementara itu, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa HP, sepeda motor, helm, dompet, tiga BPKB, dan dua KTP atas nama korban pencurian.

“Kami juga mengamankan satu paket sabu, bong, pipet plastik dan kaca, korek api, serta hasil urin milik kedua pelaku. Karena pada saat penangkapan mereka sedang pesta sabu,” imbuhnya.

Hasil dari perbuatannya tersebut, kedua pelaku dikenai pasal berlapis. Yakni Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Sekaligus Pasal 112 ayat (1) Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman empat tahun kurungan penjara.(sam/zul)

  • Bagikan