Siapkan Rusunawa untuk Karantina Pemudik

  • Bagikan
Rusunawa Bakalan Krapyak
KONDISI: Rusunawa Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, belum lama ini. (ANTARA/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten Kudus menyiapkan tempat isolasi di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Bakalan Krapyak, Kaliwungu. Tempat ini disiapkan bagi pemudik yang nekat pulang di tengah pandemi Covid-19.

“Nantinya, para pemudik tersebut akan dicek kesehatannya dengan tes cepat antigen. Jika diketahui positif Covid-19 bakal diisolasi di rusunawa untuk mencegah penyebaran virus tersebut,” kata Bupati Kudus Hartopo di Kudus, kemarin.

Ia mengungkapkan, rusunawa hanya untuk pemudik yang lolos dari pos pantau dan berstatus positif Covid-19. Untuk itu, dia meminta para kepala desa menggencarkan koordinasi dengan puskesmas terdekatnya untuk melakukan deteksi dini terhadap pemudik yang lolos di pos pantau perbatasan.

Warga Kudus yang berada di luar daerah, diimbau tidak mudik karena pemerintah melarangnya. Hal itu demi mencegah meluaskan penularan virus corona jenis baru itu.

Baca juga:  Kasus Tamzil, Berikut Kesaksian Mantan Plt. Kepala DPUPR Kudus

“Kami juga tak ingin kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus kembali naik setelah Lebaran. Pengalaman tahun sebelumnya, kasus virus corona di Kudus sangat luar biasa setelah mudik Lebaran,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus Agung Karyanto mengatakan, pihaknya saat ini mulai menyiapkan rusunawa sebagai lokasi isolasi mandiri terpusat. Lokasinya, sama seperti pada tahun lalu, yakni di gedung empat rusunawa Kudus. Tempat ini memiliki jumlah kamar 96 unit, masing-masing kamar mampu menampung empat orang.

“Semua kamar tengah kami bersihkan sehingga ketika ada yang pemudik yang diisolasi, sudah siap ditempati,” ujarnya. (ara/gih)

  • Bagikan