DPRD Kudus Gelar Workshop Penyusunan KUA Berbasis RKPD

  • Bagikan
workshop Penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) berbasis Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)
PLAKAT: Penyerahan cindera mata kepada pemateri workshop Penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) berbasis Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Serta Pokok-pokok Pikiran DPRD sebagai Dasar Penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2022. (HUMAS / JOGLO JATENG)

Gema DPRD Kudus

KUDUS, Joglo Jateng – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus gelar workshop pada 28 April hingga 30 April lalu di MG Setos Hotel Kota Semarang. Pada agenda tersebut mengambil tema Penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) berbasis Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Serta Pokok-pokok Pikiran DPRD sebagai Dasar Penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2022.

Terdapat tiga materi yang diberikan dalam workshop tersebut, seperti karakteristik Partai Politik (Parpol) di era demokrasi menuju sukses Pemilu 2024 yang disampaikan oleh Pengamat Politik atau Akademisi Teguh Yuwono. Dengan tujuan peserta dapat memahami bagaimana mempersiapkan diri menuju sukses Pemilu 2024.

Kemudian ada materi penyusunan KUA berbasis RKPD dan pokok-pokok pikiran DPRD sebagai dasar penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2022. Rancangan MoU PPAS yang mengakomodir RPJM, KUA dan usulan kegiatan berbasis hasil Musrenbang berjenjang, dan pokok-pokok pikiran DPRD. Dalam materi ini, narasumber berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Baca juga:  Kamu Baru Menikah?, Ini Caranya Buat KK

Lalu teknis sinkronisasi perencanaan dengan penatausahaan anggaran dan akuntansi laporan berbasis SIPD pada APBD Tahun Anggaran 2021. Ahli Perencanaan Keuangan Daerah Sumardi sebagai narasumber dalam materi tersebut.

Sementara itu, dalam Focus Group Discussion (FGD) peran DPRD dalam menyikapi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Pimpinan DPRD Kudus Masan.

“Di sini peserta harus mampu menarik kesimpulan, dari materi-materi yang ada dalam kegiatan workshop tersebut. Sekaligus bisa memahami setiap materi yang disampaikan oleh narasumber yang dihadirkan,” ucapnya. (sam/fat)

  • Bagikan