Beri Pelatihan Membuat Hantaran dan Publik Speaking

  • Bagikan
Anak-anak panti asuhan Darul Hadlonah
LATIH: Anak-anak panti asuhan Darul Hadlonah sedang asyik mengikuti pelatihan pembuatan hantaran. (SHOFWAN ZAIM/ JOGLO JATENG)

REMBANGJoglo Jateng – Masih dalam rangka mengisi kegiatan di bulan ramadhan, Ikatan Mas dan Mbak (IMMR) Kabupaten Rembang memberikan pelatihan membuat hantaran dan publik speaking kepada pelajar di panti asuhan Darul Hadlonah Minggu (2/5). Kegiatan ini masih dalam rangka rangkaian acara Berkah Ramadhan sesion ke enam, yakni Rembang education camp.

Romi Adi selaku panitia mengatakan, kali ini sasarannya di pantai asuhan Darul Hadlonah. Beralamat di Jl RA Kartini, Gg. Kulit No. 37 Sawahan Kecamatan Rembang.

“Kita mengisi kegiatan pelatihan keterampilan berupa pembuatan hantaran juga publik speaking. Tujuannya untuk agar anak-anak di panti asuhan bisa meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat hantaran,” jelas Romi.

Romi menjelaskan, pelatihan itu diikuti 40 anak asuh yang antusias sekali mendengarkan dari pemateri dari volunteer. Menurutnya, kebetulan volunteer hari ini adalah Husen, owner dari neztra. Yaitu salah satu UMKM Rembang yang fokus di bidang kerajinan. Selain itu pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa sembako kepada pengurus panti asuhan Darul Hadlonah.

Baca juga:  Puluhan Alsintan Disalurkan Untuk Petani

“Respon pelajar panti asuhan Darul Hadlonah sangat responsif , semangat, antusiasmenya sangat luar biasa. Anak-anak sangat senang. Dari 40 anak saya bagi menjadi 6 kelompok yang terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA. Pertama, saya latih teorinya dulu, karena membuat hantaran itu ada teorinya, ukuranya setelah itu langsung praktek,” jelas Husen.

Menurut Husen, dari pelatihan yang sudah terselenggara itu diharap bisa membuat peserta termotivasi untuk berwirausaha. Agar peserta punya pandangan kedepannya untuk berwirausaha.

“Dari limbah kardus yang tidak begitu punya nilai kalau di buat hantaran bisa bernilai ekonomi. Nilai ekonominya lumayan tinggi. Apalagi kalau ada perkawinan, itu bisa dibuat hantaran untuk perkawinan atau parsel idul fitri,” pungkasnya. (cr6/zul)

 

  • Bagikan