Gunakan Pickup, 11 Pemudik Terjaring Razia

  • Bagikan
Jalur Lingkar Demak
PENYEKATAN: Satlantas Polres Demak merazia kepada 11 pemudik yang menggunakan pickup, di Jalur Lingkar Demak, Senin (3/5). (AJI YOGA / JOGLO JATENG)

DEMAKJoglo Jateng –  Satlantas Polres Demak dan Dinas Perhubungan (Dishub) memberhentikan sebuah mobil pickup yang kedapatan mengangkut 11 orang pemudik di jalur lingkar Demak. Mobil tersebut diberhentikan saat petugas sedang melakukan razia penyekatan pemudik di luar wilayah aglomerasi (wilayah yang mendapat izin melakukan pergerakan), Senin (3/5).

Kasatlantas Polres Demak, AKP Fandy Setiawan mengungkapkan, mobil pickup yang berisikan 11 orang tersebut berangkat dari Tangerang untuk mudik lebaran di kampung halamannya, yakni Sampang Madura. Setelah berhasil lolos diberbagai wilayah, akhirnya bisa terjaring razia penyekatan di wilayah Kabupaten Demak.

“Pickup tersebut dipasang terpal dibagian belakang serta dipasang kipas angin supaya penumpang yang berada di belakang tidak kepanasan,” ungkapnya di sela-sela memantau arus kendaraan di jalur linkar Demak.

Baca juga:  Nekat Mudik, ASN akan Diganjar Sanksi

Ia mengatakan, 11 penumpang tersebut diimbau untuk menjalani swab di kampung halaman sebelum beraktivitas. Selain itu, pihaknya juga menghimbau agar penumpang juga melapor ke desa asal atau posko PPKM Mikro di desanya.

AKP Fandy menuturkan, di sisi lain kendaraan pikup yang diberhentikannya tersebut telah melanggar aturan lalu lintas. Seharusnya yang difungsikan sebagai sarana pengangukut barang, justru digunakan untuk mengangkut orang. Hal tersebut sudah merupakan bentuk pelanggaran dengan mengabaikan keselamatan berlalulintas di jalan raya.

“Kita lakukan penilangan kepada sopirnya. Dirinya mengakui jika hal yang sudah dilakukannya merupakan bentuk pelangaran lalulintas,” paparnya. (cr3/gih)

  • Bagikan