Lalu Lintas Dipantau 14 Jam Sehari

  • Bagikan
Dinas Perhubungan Banyumas melakukan pemantauan melalui CCTV
SIAGA: Dinas Perhubungan Banyumas melakukan pemantauan melalui CCTV yang tersebar di seluruh wilayah Banyumas dari kantor dishub, Senin (3/5). (MUHAMMAD ABDUL MUTTHOLIB/JOGLO JATENG)

BANYUMAS, Joglo Jateng – Jelang peniadaan mudik 6-17 Mei, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas terus memantau laju lalu lintas di wilayah Kabupaten Banyumas. Pemantauan dilakukan melalui Sistem Kendali Lalu Lintas Kendaraan atau Area TrafficControl System (ATCS), yang dioperasikan langsung dari Kantor Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas.

Kasi Manajemen Lalu Lintas Muhammad Eka mengatakan, untuk saat ini pemantauan dilakukan 14 jam dalam sehari, mulai pukul 07.00 – 21.00 yang terbagi menjadi 2 shift. Rencananya pada H-6 sampai H+7, akan dilakukan pengoptimalan pemantauan dengan penambahan jam hingga 24 jam, tergantung situasi.

“ATCS kan salah satu fungsinya pengaturan siklus lampu lalu lintas, jadi apabila terjadi kemacetan bisa diatasi dari sini. Kita lihat melalui CCTV, mana yang berpotensi menimbulkan kemacetan, itu yang kita sesuaikan.” paparnya saat ditemui, kemarin.

Baca juga:  Dua Pembunuh Satu Keluarga di Banyumas Dituntut Hukuman Mati

Eka menyebutkan, CCTV tersebar pada 18 titik di seluruh wilayah Banyumas. Fokus utama pemantauan dan pengaturan ATCS ada di titik rawan macet, seperti Ajibarang, simpang Patikraja, Buntu, Karanglewas dan Sokaraja.

“Sampai kemarin malam mulai terjadi peningkatan lalu lintas, mulai banyak mobil plat B yang melintas. Tapi intensitasnya tidak seramai tahun lalu.” ujarnya.

Eka menjelaskan, dishub akan terus berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk menjaga kondisi lalu lintas. Ia memperkirakan, tingkat kepadatan lalu lintas lokal akan mencapai puncak setelah lebaran, karena masyarakat banyak yang melakukan silaturahmi. (cr10/gih)

  • Bagikan