Terekam CCTV, Pencuri di Ponpes Lasem Diburu

  • Bagikan
Pencuri di pondok Al Hidayat Lasem tertangkap CCTV.
TEREKAM: Pencuri di pondok Al Hidayat Lasem tertangkap CCTV. (SHOFWAN ZAIM/ JOGLO JATENG)

REMBANGJoglo Jateng – Kasus pencurian baru-baru ini terjadi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayat, Soditan, Kecamatan Lasem. Aksi tidak terpuji tersebut tertangkap kamera CCTV dan kini ramai diperbincangkan di media sosial setelah videonya diunggah oleh pihak pesantren.

Sebagaimana dikonfirmasi oleh KH. Affan Martadi, salah satu pengasuh di Ponpes Al Hidayat, kasus pencurian ini sebenarnya sudah terjadi pada hari Kamis, (29/4) lalu. Namun guna mempermudah proses pengusutan pelaku, dia dan beberapa pihak pesantren akhirnya mengunggah video dan foto tangkapan layar CCTV di berbagai platform media sosial pada Minggu, (2/5) kemarin.

Dia menerangkan, pelaku mulai melancarkan aksinya sekira pukul 18.56. Hanya saja tidak ada pihak pesantren yang menyadarinya. Hingga akhirnya pada sekitar pukul 20.00, beberapa santri melaporkan kehilangan.

“Hari Kamis, 29 April 2021 pukul 18:59 dalam CCTV kami menangkap gambar orang ini masuk ke Pondok Pesantren Al Hidayat Lasem. Tepat setelah itu pukul 20.00-an setelah salat tarawih, diketahui ada beberapa santri yang kehilangan handphone dan sejumlah uang,” ungkapnya.

Baca juga:  Sekolah Tatap Muka Diberlakukan Mulai April

Nur Fendi, salah satu santri senior di Ponpes Al Hidayat membeberkan, dia adalah yang pertama kali menyadari adanya pencurian tersebut. Dia melapor ke pihak pengasuh dan pengurus ponpes setelah mendapati 2 lemari di kamarnya dalam keadaan berantakan.

“Pertama kali yang sadar akan adanya kehilangan itu saya. Karena setelah selesai tarawih saya ke kamar dan melihat laptop dan hp sudah tidak ada dengan keadaan 2 lemari acak-acakan,” jelasnya.

Adapun beberapa barang yang hilang antara lain, hp iPhone 7 Plus dan Asus Zenphone M1, 1 unit laptop Lenovo, dan uang tunai sebesar Rp.600.000.

Selang sehari setelah kasus tersebut terjadi di Ponpesnya, pada hari Jumat, (30/4) beberapa santri di Ponpes Al Wahdah, Sumbergirang mengaku kehilangan sejumlah barang. Diduga pelaku adalah orang yang sama dengan yang mencuri di Ponpes Al Hidayat. (cr6/zul)

  • Bagikan