Cegah Kerumunan, Dua Objek Wisata Ditutup Sementara

Kholimin, Kepala UPT Widuri
Kholimin, Kepala UPT Widuri (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Untuk mencegah terjadinya penularan klaster baru Covid-19 di tempat wisata selama libur lebaran pemerintah Kabupaten Pemalang akan menutup dua tempat wisata. Kedua tempat tersebut wisata adalah Pantai Widuri dan Pemandian Moga yang akan dilakukan pada 12 sampai 13 Mei.

Kepala UPT Widuri Kholimin mengatakan tetap ada beberapa tempat wisata yang tetap dibuka selama libur lebaran. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan, objek wisata tersebut sering dikunjungi saat libur lebaran pada tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, pihaknya tetap menekankan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat di tempat tersebut.

Selamat Idulfitri 2024

“Semuanya sedang fokus untuk menjaga kesehatan masyarakat selama libur lebaran nanti wisata itu ditutup,” katanya kemarin.

Baca juga:  Kementan Terjunkan Tim Penuntasan Distribusi Pupuk, Pj Gubernur Jateng Siap Mengawasi

Kemudian, dijelaskan jam operasional kegiatan dan jumlah pengunjung akan dikurangi agar tidak menimbulkan terlalu banyak orang di tempat tersebut. Selain itu, tidak diperkenankan juga untuk melakukan kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan orang di tempat wisata. Jika terdapat tempat wisata yang melakukan pelanggaran, maka akan dikenakan sanki berupa penutupan sementara sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

“Jam operasional dari 09.00 sampai 15.00 juga pengunjung dibatasi sesuai dengan kebijakan daerah daya tamping 30 persen dari total kapasitas objek wisata,” tuturnya.

Dua objek wisata yang ditutup sementara itu selalu ramai akan adanya pengunjung yang pada saat libur lebaran terdapat 12.000 pengunjung setiap harinya. Hal inilah yang menjadi pertimbangan objek wisata tersebut ditutup sementara selama libur lebaran.

Baca juga:  Ribuan Miras Dimusnahkan dan 850 Personil Disiagakan Jelang Lebaran

Bupati Pemalang Agung Mukti saat selesai memimpin apel pelaksanaan Operasi Candi Lebaran 2021 mengatakan, keputusannya untuk menutup tempat wisata karena pastinya akan terjadi pembludakan pengunjung di hari libur lebaran. Ia juga mengungkapkan ada dua tepat wisata milik pemerintah yang akan ditutup yaitu Pemandian Moga dan Pantai Widuri.

“Daerah dua itu akan ditutup sementara tapi juga ada yang dibuka dan pastinya wisata tersebut harus menggunakan sesuai dengan protocol kesehatan,” terangnya.(cr8/akh)