Parsel Mudik Meriahkan Lebaran

  • Bagikan
Agung Setyo Hariadi koordinator UMKM Kabupaten Rembang.
HIDUPKAN: Agung Setyo Hariadi koordinator UMKM Kabupaten Rembang. (SHOFWAN ZA’IM / JOGLO JATENG)

REMBANGJoglo Jateng – Kabupaten Rembang mengadakan gerakan parsel mudik guna memeriahkan lebaran. Kegiatan unik itu sebagai upaya menghidupkan geliat UMKM pada lebaran tahun ini yang masih serba sulit.

Gerakan ini awalnya berangkat dari kondisi dilematis bagi pelaku UMKM yang ada di Rembang. Hal inilah yang dijelaskan oleh Agung Styo Hariadi sebagai koordinator gerakan parsel serta pembimbing forum UMKM di Rembang saat ditemui di kantor Indakop Kabupaten Rembang pada Rabu (5/4).

Larangan Mudik hingga pandemi, menurut lelaki yang di sapa Tyo ini, akan mengurangi pembelian masyarakat. Terutama bagi mereka penjual oleh-oleh.

“Nah, kami memikirkan cara agar stok temen-temen bisa terjual saat even-even ditiadakan. Oleh-oleh juga tidak laku karena tidak boleh mudik. Maka dari itu, gerakan ini merupakan gagasan cukup bagus. Temen-temen UMKM sangat berterima kasih kepada gubernur Jawa Tengah,” ungkapnya.

Baca juga:  Bupati Pati Salurkan Bantuan untuk Tenaga Kesehatan

Dia bersyukur, program tersebut juga berangkat dari keinginan pemerintah daerah Jawa Tengah dalam pembuatan parsel dari produk UMKM. Kemudian gerakan yang ada juga disambut oleh Bupati Rembang dengan menerbitkan surat edaran. Selanjutnya Bupati membuat surat edaran dengan membuat parsel dari produk UMKM.

“Temen-temen sumringah kebanjiran orderanlah dari Pak Wabup. Hal ini luar biasa mengapresiasi gerakan dari UMKM juga masyarat antusias untuk membeli,” imbuhnya.

Tyo berharap, gerakan ini dapat menaikan taraf penjualan produk UMKM di Rembang kedepannya. Terutama melalui sejumlah produk-produk yang dikemas dengan baik dan mengusung lokalitas Rembang.

Dalam gerakan ini, setidaknya di Rembang sudah ada pesanan Parsel sekitar 1000 buah. Sedangakan untuk yang terlibat setidaknya ada 100 UMKM di Rembang. Produk mereka siap mudik ke luar kota maupun  menyambangi rumah masyarakat Rembang sendiri. (cr6/zul)

  • Bagikan