Travel Gelap Diciduk

  • Bagikan
Satuan Lalu Lintas Polresta Banyumas
BARANG BUKTI: Satuan Lalu Lintas Polresta Banyumas mengamankan barang bukti berupa mobil Grand Max dengan nomor polisi B 1450 PRE. (MUHAMMAD ABDUL MUTTHOLIB / JOGLO JATENG)

BANYUMAS, Joglo Jateng – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyumas berhasil mengamankan travel gelap yang melintasi pos penyekatan di Ajibarang Selasa (4/5) kemarin. Mobil berjenis Grand Max hitam dengan nomor polisiB 1450 PRE, membawa lima penumpang dengan tujuan Kebumen dan Purworejo.

Kasat Lantas Ari Prayitno mengatakan, kronologi kejadian bermula pukul 11.30 saat melaksanakan tugas penyekatan di Pospam 3T Presisi Ajibarang. Petugas mendapati mobil Grand Max dengan nomor polisi luar kota melintas, kemudian mobil dihentikan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Berdasarkan hasil interogasi, petugas menduga mobil yang membawa lima orang tersebut sebagai travel gelap. Diketahui bahwa mobil tidak memiliki izin trayek dan mematok tarif kepada penumpang. Menurut pengakuannya, satu orang dikenakan tarif Rp 250.000,” paparnya, Rabu (5/5).

Baca juga:  Larangan Mudik Tahun Ini, Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke- 61 Ajak Masyarakat Ikuti Anjuran Pemerintah

Ari menjelaskan, setelah diberikan arahan kepada pengemudi dan penumpang, dilakukan tindakan penilangan dengan menahan mobil sebagai barang bukti. Lebih lanjut ia menerangkan, pengemudi telah melanggar pasal 308 UU No.22 Tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan. “Untuk penumpangnya, langsung kita lakukan tindakan swab di lokasi,” ujarnya.

Ari menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk mematuhi aturan larangan mudik 6-17 Mei demi keselamatan bersama. Ia menambahkan, pihaknya akan menindak tegas pelanggaran yang terjadi sesuai dengan aturan yang berlaku. (cr10/gih)

  • Bagikan