Tak Ingin seperti Kudus, Sosialisasi Prokes Digencarkan

  • Bagikan
Jajaran Koramil 03/Wonosalam, Demak dan Pemdes Wonosalam saat melakukan sosialisasi prokes
KELILING: Jajaran Koramil 03/Wonosalam, Demak dan Pemdes Wonosalam saat melakukan sosialisasi prokes dan membagikan masker gratis kepada penduduk dan pegadang pasar Wonosalam, Rabu (2/6). (HUMAS/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Meningkatnya kasus Covid-19 setelah lebaran di beberapa wilayah, khususnya Kabupaten Kudus yang berbatasan dengan Demak, membuat jajaran Kodim 0716/Demak gencar memberikan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di berbagai tempat.  Seperti yang dilaksakanan Koramil 03/wonosalam, Polsek dan Pemerintah Desa (Pemdes) Wonosalam.

Dengan menggunakan pengeras suara, aparat gabungan mengajak penduduk, pedagang dan pengunjung pasar untuk menerapkan prokes secara ketat. Selain itu, juga dibagikan masker gratis bagi warga yang tidak menggunakannya, serta memasang striker himbauan agar tidak menyepelekan prokes.

Danramil 03/Wonosalam melalui Ketua Sosialisasi Prokes, Peltu Subur Sadono mengatakan, setiap hari personel Koramil terus memberikan sosialisasi edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Biasanya sosialisasi dilakukan di pasar dan komsos para Babinsa. Namun, setelah meledaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus yang berbatasan dengan Demak, sosialisasi juga dilaksanakan di pemukiman warga dan pusat pertokoan.

“Ini wujud pencegahan. Kita harus belajar dari Kudus. Jangan sampai Demak, mengalami hal yang sama. Ini harus waspada,” tegasnya di sela-sela melakukan sosialisasi di Wonosalam, kemarin.

Baca juga:  Penuhi Logistik Korban Banjir, Hartopo Salurkan Paket Bantuan

Ia menjelaskan, adanya pemasangan pamflet dan stiker agar warga dapat melihat dan membaca imbauan yang diberikan dari Kodim, Pemkab dan Polres Demak tentang mematuhi protokol kesehatan dan tidak menyepelekannya. Apalagi, kebanyakan masyarakat hari ini sudah bosan akan kondisi semacam ini.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Wonosalam, Mustona’ Ahmad mengapresiasi langkah Kodim 0716/Demak, dalam hal ini Koramil 03/Wonosalam yang telah menjadi pelopor sosialisasi prokes di wilayah Desa Wonosalam. Ia juga ikut tergabung bersama Koramil dan Polsek dalam memberikan sosialisasi edukasi.

Ahmad berharap, dengan upaya ini warga tidak lagi menyepelekan prokes. Sehingga kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Demak dapat ditekan, dan tidak meningkat. Apalagi Demak dan Kudus itu berdekatan.

“Kita dukung langkah pak TNI dalam sosialisasi edukasi. Semoga warga masyarakat tahu dan mematuhi prokes yang ada. Saya juga sudah dapat info, jika RSUD Sunan Kalijaga, pasien Covidnya terus bertambah,” paparnya. (cr3/gih)

  • Bagikan