Tukar Rokok dengan Paket Sehat

  • Bagikan
kampanye setop merokok di lingkungan Pertamina Refinery Unit Wiayah Cilacap
JAGA KESEHATAN: Tim medis saat melakukan kampanye setop merokok di lingkungan Pertamina Refinery Unit Wiayah Cilacap, beberapa waktu lalu. (ANTARA/JOGLO JATENG)

CILACAP, Joglo Jateng – Memperingati Hari Tanpa Tembakau, Pertamina Refinery Unit Wilayah Cilacap melakukan kampanye setop merokok dengan cara unik. Tim kesehatan dari fungsi medical berkeliling membuka layanan penukaran rokok dengan paket sehat di beberapa titik di lingkungan kerja Pertamina.

Petugas medis dari Klinik Pratama Pertamin Refinery Unit IV Cilacap dr Silvia Pupitarini mengatakan kampanye kesehatan tersebut ditujukan agar para pekerja sadar untuk menghentikan kebiasaan merokok. Para pekerja maupun mitra pun menyambut antusias kegiatan itu, sehingga mereka secara sukarela menukarkan rokok mereka dengan paket kesehatan tersebut.

“Kita tahu kebiasaan merokok bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kampanye hari ini adalah edukasi kepada pekerja untuk berhenti merokok, minimal untuk jangka pendek ini mengurangi,” katanya beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Sopir Mengantuk, Armada Sosor Truk Gandeng

Dia mengatakan oksimetri penting dibagikan agar para perokok bisa melakukan pemeriksaan oksigen dalam darah dan denyut nadi secara mandiri. Melalui alat tersebut, para perokok bisa mengontrol ambang batas angka kerawanan oksigen dalam darah.

“Ambang batasnya adalah 96. Kurang dari itu berarti kemampuan paru-paru mengambil oksigen bermasalah, harus ada tindakan medis,” jelasnya.(ara/akh)

  • Bagikan