Tekan Penyebaran Covid-19 di Kudus, Kapolda dan Pangdam Lakukan Penyemprotan Disinfektan

  • Bagikan
Penyemprotan disinfektan
SEMPROT: Penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Polda Jateng bersama Kodam IV/Diponegoro di Kabupaten Kudus. (SYAMSUL HADI / JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglojateng.com –  Berbagai cara dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan dengan skala besar di beberapa ruas jalan di Kabupaten Kudus, Jumat (4/6).

Pelaksanaan penyemprotan dipimpin langsung Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luhtfi dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto usai memimpin Apel Bersama TNI-Polri dan Satgas Covid-19 Kab Kudus di Simpang Tujuh Kudus. Penyemprotan sendiri dilakukan menggunakan Armoured Water Cannon (AWC) milik Satuan Samapta Polres Kudus, Brimob Polda Jateng, Dit Samapta Polda Jateng serta mobil Damkar.

Disamping melakukan kegiatan penyemprotan, juga dilakukan himbauan protokol kesehatan (Prokes) 5M melalui pengeras suara. Hal itu dilakukan agar masyarakat memahami dalam pencegahan Covid-19.

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luhtfi mengatakan, pihaknya menurunkan setidaknya empat water canon dan dibantu Damkar untuk proses penyemprotan disinfektan dibeberapa lokasi Kudus. Nantinya akan berjalan tiga hari sekali untuk melakukan penyemprotan di sejumlah tempat yang berbeda.

Baca juga:  Waspada Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan

“Ada empat unit water canon dan Damkar, tiga hari sekali digunakan untuk menyemprotkan disinfektan. Nanti kita evaluasi‎ setiap tiga hari sekali hingga kasus Covid-19 di Kudus ini mmenurun,” ucapnya.

Lanjut Kapolda Jateng, semua pasukan baik dari Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Bataliyon dan Brimob serta tenaga kesehatan, semuanya difloting di Kota Kretek ini. Dengan harapan Kudus kembali seperti semula.

“Kami harapkan agar Kudus bisa kembali normal lagi. Target kita covid harus hilang dari Kota Kretek ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengimbau agar masyarakat harus menjaga diri dengan selalu menerapkan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas.

“Kami selalu mengingatkan warga masyarakat untuk menjalankan imbauan prokes. Ini semua sebagai upaya agar terhindar dari penularan virus Covid-19,” pungkasnya.(sam)

  • Bagikan