Gerakan di Rumah Saja Diminta Diperbanyak

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta daerah-daerah zona merah untuk memperbanyak gerakan di rumah saja. Diharapkan, itu bisa menekan sebaran varian baru Covid-19. Apalagi, adanya varian baru delta yang ditemukan di Kudus.

“Lebih banyak hari di rumah saja karena kejadiannya (Covid-19) sudah setahun lebih,” kata Ganjar di Semarang, kemarin.

Ganjar mengharapkan kesadaran bersama dari seluruh pihak untuk turut membantu upaya penanganan Covid-19 ini. Baik dari pemerintah maupun masyarakat luas. “Kita harapkan kesadaran dari masyarakat, dari tokoh, untuk bisa bekerja bersama-sama, agar kita bisa menyelamatkan diri dan orang-orang tersayang,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, seluruh pihak diharapkan patuh protokol kesehatan. Terutama menggunakan masker saat bepergian dan menghindari krumunan.

“Dan itu hanya bisa kalau kita melakukan taat pakai masker. Jangan ditawar lagi, tidak mengikuti kerumunan-kerumunan ya dan kemudian kurangi mobilitas,” tegas Ganjar.

Baca juga:  Serahkan Uang Duka Senilai 2 Miliar

“Karena  sebenarnya si Covid ini nggak bisa jalan sendiri. Transporternya adalah manusia. Maka ini mesti kita jaga hari ini,” imbuhnya.

Ganjar menjelaskan, soal ini telah dikomunikasikan kepada kepala daerah yang wilayahnya zona merah.

“Para bupati sudah membuat inisiatif itu dan Kudus sekarang yang inisiatif waktunya agak panjang sampai lima mungkin tujuh hari. Grobogan kemarin sudah mencoba ya, beberapa kabupaten mencoba dan menurut saya ini bagus, dan yang penting dukungan masyarakat, tanpa itu nggak bisa,” paparnya.

Diketahui, berdasarkan data Satgas Covid-19 per 13 Juni 2021, secara nasional sebanyak 29 daerah ditetapkan sebagai zona merah. Jawa Tengah menjadi penyumbang terbanyak daerah zona merah. Dari 29 daerah zona merah, tujuh di antaranya berada di Jateng, antara lain Kabupaten Wonogiri, Kudus, Grobogan, Tegal, Sragen, Semarang, dan Jepara. (ara/gih)

  • Bagikan