Anggota Komisi D DPRD Kudus Pantau Penyaluran Bansos

  • Bagikan
Anggota Komisi D DPRD Kudus Achmad Yusuf Roni
SERAHKAN: Anggota Komisi D DPRD Kudus Achmad Yusuf Roni (kiri), saat mendampingi Kepala Desa Terban, Supeno menyerahkan bantuan kepada penerima PKH, Rabu (4/8). (MUHAMMAD ABDUL MUTTHOLIB / JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sosial (bansos) berupa beras 10 kg, kepada masyarakat yang terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Bantuan dibagikan melalui pemerintah desa (pemdes), untuk kemudian didistribusikan langsung ke masyarakat.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus ikut andil dalam pendistribusian bansos. Sesuai tugasnya, DPRD bertindak sebagai pengawas dalam proses distribusi.

Anggota Komisi D DPRD Kudus Achmad Yusuf Roni mengatakan, pihaknya memastikan penyaluran bansos bisa tersalurkan dengan baik. Untuk itu, ia harus terjun langsung ke lapangan, untuk mengawasi proses pendistribusian.

“Kami di sini hanya melakukan monitoring. Memastikan saja, bahwa masyarakat penerima ini benar-benar sesuai dengan data yang ada. Alhamdulillah untuk Desa Terban ini tertib. Semuanya sesuai dengan data, jadi bisa dibilang tepat sasaran,” jelasnya, Rabu (4/8).

Baca juga:  Pengadaan Alat RT-PCR, RSUD Kudus Siapkan Ruang Khusus

Pada kesempatan itu, Yusuf juga membagikan 500 buah masker kepada Pemdes Terban. Tujuannya untuk mengingatkan, sekaligus mengedukasi masyarakat sekitar. Agar tetap menjaga protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Desa Terban, Supeno menerangkan, pendistribusian bantuan beras di wilayahnya diperuntukkan bagi 317 penerima. Terbagi menjadi dua jenis penerima, yaitu dari program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial tunai (BST).

“Pendistribusian dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari ini dan besok. Supaya tidak terjadi kerumunan. Untuk hari ini khusus penerima dari PKH saja, sekitar 230 penerima. Sedangkan sisanya besok, 87 penerima dari BST. Syaratnya cuma KTP dan KK saja, untuk sinkronisasi data penerima,” pungkasnya. (cr10/fat)

  • Bagikan