Disparpora Pemalang Dorong UMKM Melek Pemasaran Digital

Lukisan bakar
BERJAJAR: Lukisan bakar, salah satu produk dari UMKM Pemalang yang dipromosikan melalui pemasaran digital. (DOK. PRIBADI / JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang mengadakan pelatihan pemasaran digital untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini dilakukan dalam upaya mendorong UMKM melakukan pemasaran produknya dengan menggunakan teknologi digital.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparpora Ali Muharom dan Kepala Bidang (Kabid) Sarana Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Imam Santoso melihat perlunya pelatihan untuk para pelaku UMKM khususnya pemasaran digital. Hal tersebut disampaikan oleh Ali Sumarso Kepala Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Selasa (31/8).

Selamat Idulfitri 2024

“Melihat pesatnya kemajuan teknologi. Namun para pelaku UMKM belum mampu mengembangkan dan memanfaatkannya. Hal itu menjadikan kami Disparpora berinisiatif memberikan pelatihan pemasaran digital kepada mereka,” jelasnya.

Baca juga:  Terbiasa Kumuh dan Becek, Pedagang Pasar Pagi Pemalang Menanti Pembenahan Segera

Kegiatan pelatihan pemasaran digital ini akan diadakan pada 2 September mendatang. Dengan pemateri seorang fotografer dan pakar manajemen pemasaran digital. Pemilihan dua narasumber tersebut disesuaikan dengan kebutuhan.

Ia menjelaskan, bahwa antusiasme para pelaku UMKM sangat tinggi. Sejak awal dibuka pendaftaran pada Senin (30/8) lalu, pihaknya menerima 61 orang yang sudah mendaftar. Padahal kuota yang disiapkan terbatas hanya 30 orang.

“Batasan kuota 30 orang ini untuk meminimalisir kerumunan. Itu pun dibagi menjadi dua sesi, pagi dan siang. Karena harus sesuai protokol kesehatan,” ungkapnya.

Baca juga:  Jatuh Bangun Berbisnis, Pria Ini Sukses Ekspor Tas Anyaman Plastik ke Luar Negeri!

Ia berharap, dengan kegiatan ini nantinya bisa membantu para pelaku UMKM memasarkan produknya agar dapat berkembang melalui teknologi digital. Mengingat di era yang serba digital, dibutuhkan keterampilan dalam pemasaran produk melalui teknologi digital.

“Semoga kegiatan yang kita adakan ini dapat membantu semua pelaku UMKM di Pemalang. Untuk melewati pandemi, kita belajar untuk berkembang menuju digitalisasi secara keseluruhan,” tutupnya. (cr8/all)