Truk Muatan Pengayoman IV Segera Dievakuasi

  • Bagikan
Sebuah mobil saat memasuki kapal Pengayoman IV yang sedang bersandar di Dermaga Wijayapura, Cilacap, beberapa waktu lalu. (ANTARA/ JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah (Kemenkumham Jateng) sudah menemukan posisi truk yang ikut tenggelam dengan kapal Pengayoman IV di perairan utara Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap. Selanjutnya, truk yang berisi muatan pasir tersebut akan segera dievakuasi.

Kepala Kemenkumham Jateng, Yuspahruddin mengatakan, pengevakuasian ini dilakukan agar jalur pelayaran bisa kembali lancar. Selain itu, pihaknya juga akan tetap mengevakuasi bangkai kapal Pengayoman IV.

“Meski dari KSOP menyatakan tidak akan mengganggu pelayaran, tetap akan dievakuasi agar jalur pelayaran lancar,” katanya dalam siaran pers, beberapa waktu lalu.

Sejumlah pihak dari berbagai elemen dan pemangku kepentingan juga turut serta dalam proses penanganan evakuasi. Untuk itu, Yuspahruddin menyampaikan terima kasih.

Baca juga:  Relawan Petugas Penguburan Meninggal Akibat Covid-19

Sementara itu, Kepala KSOP Klas II Cilacap, Purgono mengatakan, alur pelayaran perairan Nusakambangan cukup rendah. Yakni berada pada kisaran 10,4 meter.

“Untuk kapalnya sendiri tidak mengganggu. Tinggal posisi truk dan mobil yang harus dicari posisinya,” ungkapnya.

Ia berharap evakuasi kapal bisa berjalan lancar. Mengingat, saat ini kondisi cuaca di sekitar perairan Nusakambangan cukup baik.

Diberitakan sebelumnya, Kapal Pengayoman IV tenggelam di perairan utara Pulau Nusakambangan dalam perjalanan dari Dermaga Wijayapura, Cilacap, menuju Dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan. Kapal terbalik akibat terhempas angin kencang pada Jumat (17/9) pagi. Dua orang tewas dalam kejadian ini. (ara/ern)

  • Bagikan