Operasi Patuh Candi Bangun Kepercayaan Masyarakat

  • Bagikan
SEMATKAN: Kapolresta Banyumas, M Firman L Hakim, menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan personel yang diterjunkan dalam Operasi Patuh Candi 2021 di Purwokerto, Senin (20/9). (ANTARA/ JOGLO JATENG)

PURWOKERTO, Joglo Jateng – Operasi Patuh Candi 2021 ditujukan untuk membangun kepercayaan masyarakat. Operasi ini digelar pada tanggal 20 September hingga 3 Oktober 2021.

Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas, M Firman L Hakim mengatakan, Operasi Patuh Candi 202 dapat mendorong terciptanya keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamtibcarlantas) pada masa pandemi Covid-19. Di sisi lain, angka  penyebaran Covid-19 pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) juga diharapkan dapat mengalami penurunan.

“Orientasinya diarahkan pada pola preemtif dan tindakan humanis untuk membangun kepercayaan masyarakat,” katanya saat Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2021 di halaman Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Senin (20/9).

Sekitar 100 persen kegiatan yang dilaksanakan selama operasi merupakan tindakan simpatik. Beberapa pihak yang terlibat diantaranya personel Detasemen Polisi Militer IV/1 Purwokerto dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Selain itu, juga turut serta sejumlah satuan di Polresta Banyumas, seperti Satuan Lalu Lintas, Satuan Samapta Bhayangkara, serta Satuan Intelijen dan Keamanan.

Baca juga:  Operasi Patuh Candi Dilaksanakan Dua Pekan

“Namun demikian, tujuan yang ingin dicapai tidak bisa ditangani oleh Kepolisian sendiri, namun harus dibantu instansi pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya.

Firman menekankan, semua personil harus selalu memedomani protokol kesehatan (prokes) saat bertugas. Mereka juga harus mengedukasi prokes dan tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

“Hindari komplain atau teguran dari masyarakat, serta utamakan keselamatan diri sendiri dan masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Satlantas Polresta Banyumas Komisaris Ari Prayitno mengatakan, Operasi Patuh Candi 2021 mengusung tema “Melalui Operasi Patuh Candi 2021 Kita Tingkatkan Disiplin Prokes dan Tertib Berlalu Lintas dalam Rangka Mencegah Penyebaran Covid-19 serta Mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang Mantap”. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan prokes dan meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas.

“Operasi ini diharapkan masyarakat mematuhi aturan lalu lintas dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan pedomani dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (ara/ern)

 

  • Bagikan