Tetap Kedepankan Sisi Kemanusiaan

  • Bagikan
dr Agus Ujianto, Ketua Umum Pengurus Pusat Pusat Perhimpunan Kedokteran Digital Terintegrasi (Perdigti). (ANTARA/ JOGLO JATENG)

PURWOKERTO, Joglo Jateng – Dunia kedokteran harus tetap mengedepankan sisi kemanusiaan meski dibantu dengan alat secanggih apapun. Sebab, teknologi kedokteran hanya digunakan untuk membantu diagnosis dokter.

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Digital Terintegrasi (Perdigti), Agus Ujianto mengatakan, fungsi alat kedokteran yang terus berkembang adalah sebagai alat bantu.  Selain untuk mendiagnosis, teknologi juga dapat membantu pasien berikut mutu presisinya.

“Keduanya digabung untuk mempertajam diagnosis yang dibuat dokter,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (20/9).

Oleh karena itu, dokter-dokter di seluruh Indonesia diharapkan tidak terjebak pada kondisi menjadikan pasien sebagai objek. Hal ini dinilai penting dengan semakin majunya teknologi kedokteran saat ini.

“Mari memanusiakan manusia, bukan menjadikan manusia seolah sebagai benda,” tegas Direktur Rumah Sakit Islam Banjarnegara ini.

Baca juga:  Fokus Lakukan Pemantauan di Pusat Perbelanjaan

Terkait dengan ekstensi teknologi (extension technology), termasuk di dalamnya kedokteran digital, Agus mengatakan hal tersebut merupakan usaha kemanusiaan itu sendiri. Yakni untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan.

“Asalkan manusia itu sendiri juga memahami teknologi yang dia buat,” kata Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Sultan Agung (IKA Unissula) Semarang periode 2021-2026 itu.

Meskipun sudah memiliki teknologi tinggi, dokter tidak boleh lupa jika objek kesehatan adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan. “Maka, humanity (kemanusiaan, red.) harus menjadi dasar pemakaian teknologi itu sendiri termasuk kedokteran digital,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, Perdigti hadir menjawab kegelisahan lintas generasi kedokteran.  Tak hanya itu, norma etik dan hukum kedokteran diharapkan tetap terjaga sesuai kenormatifan adaptif di dunia. (ara/ern)

 

  • Bagikan