Figur  

Hobi Plesiran, Tekuni Dunia Youtuber

Anita Indah Mulyasari
Anita Indah Mulyasari. (DOK. PRIBADI / JOGLO JATENG)

Anita Indah Mulyasari, mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang, sangat senang dengan plesiran. Perjalanan yang selama ini hanya diabadikan melalui foto, kini ia kembangkan menjadi sebuah konten video untuk diupload di Youtube.

Salah satu keinginannya menjadi seorang Youtuber karena dirinya kerap sekali mengunjungi tempat pariwisata yang ada di Jawa Tengah. Kesempatan ini ia gunakan untuk membuat konten review tempat yang pernah disinggahi oleh gadis kelahiran Tlogasari Kulon itu. Sebenarnya,  konten review tempat tersebut bermula dari rasa penasaran rekan-rekannya ketika dirinya sedang melakukan plesiran.

Baca juga:  Mega Setya Handayani: Juara 1 Pilmapres FIPP UNY, Bukti Dedikasi dan Kreativitas Tak Tertandingi

“Saya memang suka pergi ke suatu tempat. Namun saat itu pada kepo atau penasaran dengan tempat yang pernah dikunjungi. Akhirnya, ya saya bersama tim mencetuskan buat konten Youtube. Itu agar bisa menjawab rasa penasaran dari teman-teman saya, yang sedang membutuhkan informasi destinasi wisata,” katanya kepada Joglo Jateng, Rabu (20/10).

Meski tujuan awal memberikan informasi kepada rekan-rekannya dan sanak keluarga, Anita tidak memungkiri bahwa tujuan lain membuat Youtube adalah komersil. Ia bersama timnya membangun akun Youtube Alap-alap Genk. Anita yakin, suatu saat ketika sudah berkembang Youtube itu bisa menjadi lahan pekerjaan.

Baca juga:  Berdandan untuk Hargai Diri Sendiri dan Membangun Karir, Inilah Kisah Tasya Salsabila dari Hobi Menjadi Model

“Ini Youtube bukan nauangan milik pribadi. Melainkan saya dinaungai oleh tante dan om saya. Mereka adalah yang mengawasi kita berkoten, yang membuat saya, Mas Alan, dan adik saudara saya. Ya sih dari Youtube bisa menghasilkan sesuatu bahkan bisa memberikan ladang pekerjaan kita semua,” ujarnya.

Gadis yang aktif di UKM Musik Immortal itu menceritakan, pertama kali membuat konten review adalah berkaitan dengan penginapan. Ia mengaku sudah mendapatkan endorse dari beberapa hotel maupun villa.

“Berawal dari postingan, sering mendapatkan apresiasi dari penonton bahkan bukannya  sombong seringkali mendapatkan tawaran endorse villa maupun hotel. Alhamdulilah ada beberapa sudah di endorse. Salah satunya hotel yang berada di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah,” bebernya.

Baca juga:  Manfaatkan Limbah Tekstil, Wujudkan Circular Fashion

Diketahui saat ini, Anita sedang berfokus membuat konten review hotel dan villa yang ada di Jateng sendiri. Bagi dia, berkarya melalui Youtube bisa dibanggakan karena dapat menyalurkan informasi yang tepat dan benar.

Kedepan, Anita bersama tim bakal mengembangkan konten Youtubenya akan mereview tempat tongkrongan asik, wisata yang menarik, hingga mereview makanan. “Pastinya dong. Ada gebrakan di akun Yotube Alap-alap Genk,” ungkapnya. (dik/gih)