Persiapan Akhir Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) dengan Menggelar Simulasi

  • Bagikan
FOKUS: Para guru SDN 2 Pelutan Pemalang sedang melakukan simulasi AKM di ruang guru, Rabu (19/10). (FIQI/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Pelutan Pemalang melakukan persiapan dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimun (AKM). Persiapan tersebut dilakukan dengan cara menggelar simulasi AKM.

Kepala SDN 2 Pelutan Murkanto, melalui guru kelas 6 Titis Nugroho menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan, seperti tempat, perangkat komputer, laptop, serta instalasi jaringan internet yang cukup baik. Sehingga nantinya bisa membantu memperlancar kegiatan AKM tersebut.

“Persiapan sudah kami lakukan bersama tim. Dengan memberikan pembekalan kepada siswa melalui pengenalan dalam penggunaan komputer atau laptop, cara membaca dan menulis huruf besar kecil, serta memperkenalkan kepada siswa contoh soal dalam AKM,” jelasnya.

Ia melanjutkan, AKM ini adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan semua siswa untuk mengembangkan kapasitas diri. Adapun materi tersebut meliputi, literasi untuk mengukur kemampuan siswa menganalisis suatu tulisan dan bacaan. Kemudian numerasi untuk melatih kemampuan siswa dalam penggunaan angka. Sehinga penilaian siswa dapat dilihat dari karakter siswa masing-masing.

Baca juga:  Satpol PP Pemalang Ancam Bubarkan Kerumunan

“Baik literasi dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis dan sistematis. Serta keterampilan bernalar dengan konsep yang telah dipelajari dan ketrampilan memilah sekaligus mengolah informasi,” tambahnya.

Di sisi lain, dalam kegiatan tersebut juga melibatkan proktor teknis atau pengawas ruangan. Proktor ini dipilih oleh satuan pendidikan dan wajib menjalani pelatihan dari kementerian. Proktor bertugas sebagai operator kegiatan tersebut dan memberikan kode token peserta.

“Semoga dalam pelaksanaan kegiatan Asesmen Kompetensi Minimum tidak ada kendala. Sehingga bisa membantu mensukseskan program yang diadakan pemerintah,” harapnnya. (cr2/all)

 

  • Bagikan