Peretasan Akun Satlantas Diselidiki

PAPARAN: Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy memberikan keterangan mengenai akun Twitter Satlantas direntas kepada wartawan di Mapolda Jateng, Minggu (7/11). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Polda Jateng sedang melakukan penyidikan terkait dugaan peretasan akun Twitter Satlantas Polresta Banyumas. Hal itu setelah jajaran Polresta Banyumas dihebohkan dengan akun Twitter Satlantas yang me-reetweet konten tidak etis.

Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy membenarkan adanya dugaan peretasan akun Twitter Satlantas Polresta Banyumas tersebut. Ia menjelaskan, akun Twitter milik Satlantas telah lama tidak dipakai lantaran saat ini admin Satantas Polresta Banyumas beralih ke Instagram.

Menurutnya, postingan aktif akun Twitter Satlantas diupload pada tanggal 27 Oktober lalu.  Namun diduga ada pihak ketiga yang meretas akun itu sejak lama. Sehingga orang yang tak bertanggung jawab itu bisa leluasa me-retweet gambar kartun yang kurang etis.

Baca juga:  KPU Jateng Siapkan Anggaran Rp 2 Triliun untuk Pilkada

“Dugaan kuat akun tersebut diretas hacker pada 6 April 2021 lalu. Pelaku me-retweet gambar kartun yang kurang etis. Saat ini sudah diambil langkah-langkah lanjutan termasuk penyelidikan oleh satreskrim,” kata Kabidhumas melalui keterangan tertulis, Minggu (7/11).

Pihaknya akan mengambil langkah atas kejadian perentasan tersebut. Di antaranya, hapus konten negatif serta ganti password Twitternya. Iqbal mengungkapkan, petugas Polresta Banyumas akan memberikan hasil tangkapan layar untuk kepentingan penyidikan.

“Saya yakin dalam waktu dekat pelakunya bisa diketahui dan diproses,” ujarnya. (dik/gih)