Puluhan Ribu Dosis Vaksin Masih Tersedia di Instalasi Farmasi Kota Yogyakarta

DOKUMENTASI: Tenaga kesehatan sedang mengambil dosis vaksin dalam pelaksanaan program vaksinasi. (AFIFUDIN / JOGLO JATENG)

KOTA, Joglo Jogja – Lebih dari 20.000 dosis vaksin masih tersedia dan disimpan di Instalasi Farmasi Kota (IFK) Yogyakarta. Vaksin tersebut telah dipersiapkan untuk menyasar masyarakat yang belum tervaksinasi.

Kepala Seksi Farmasi Alat Kesehatan dan Makanan Minuman Dinkes Kota Yogyakarta Ambarwati Triwinahyu membenarkan hal tersebut. Ia mengungkapkan masih ada sebanyak 22.629 dosis vaksin yang tersedia.

“Stok vaksin masih aman, saat ini masih ada 22.692 yang ada di IFK. Di masing-masing fasilitas kesehatan juga ada stoknya,” ungkapnya, Rabu (9/2/).

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa banyaknya stok vaksin tersebut saat ini dimanfaatkan untuk menyelesaikan vaksin dosis kedua. Selain itu, vaksin tersebut juga digunakan untuk booster masyarakat yang sudah memenuhi syarat.

Baca juga:  Lazismu UMY Alokasikan Rp 477 Juta untuk Beasiswa 145 Mahasiswa

Sejauh ini, menurutnya distribusi vaksin dari Dinas Kesehatan DIY lancar dan tidak ada kendala. Pihaknya juga memastikan stok vaksin saat ini masih cukup.

“Stok vaksin cukup, di DIY juga banyak. Kalau di kota Yogyakarta kurang, kami tinggal mengajukan permintaan lagi (ke DIY),” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dinkes Kota Yogyakarta Lana Unwanah menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan vaksinasi bagi anak usia enam sampai 11 tahun. Dan sebagian sudah masuk pada tahap vaksinasi dosis kedua.

Baca juga:  Dosen UGM Beri Tips Aman Pilih Pinjol

Ia mengungkapkan, sejak dilaksankan pada 18 Desember 2021 lalu, vaksinasi anak berjalan lancar. Dengan capaian lebih dari 36.000 anak yang sudah tervaksinasi.

“Sampai saat ini belum ada laporan KIPI berat. Ada anak yang demam, mual, ada beberapa yang sampai muntah. Tetapi sudah tertangani di faskes pertama, kategori (KIPI) ringan,” pungkasnya. (fif/bid)