Bukit Pengilon, Surga tersembunyi di Gunungkidul

INDAH: Pengunjung sedang menikmati pemandangan di bukit pengilon, Gunungkidul. (AFIFUDIN / JOGLO JATENG)

GUNUNGKIDUL, Joglo Jogja – Belum banyak yang tahu, bahwa ada surga tersembunyi diantara sekian banyak obyek wisata di Gunungkidul. Terletak di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Bukit pengilon bakal memanjangkan mata pengunjung dengan panorama alamnya yang sangat maempesona.

Penanggungjawab wisata Bukit Pengilon, KismoWejo (67) mengatakan, Wisata bukit pengilon sebenarnya sudah lama ada, namun baru mulai ramai pada awal tahun ini. Sehingga kegiatan wisata di desa tersebut mulai bergeliat.

“Mulai ramai sejak awal tahun ini, mungkin karena faktor sosial media. Tapi masih disayangkan, akses menuju bukit Pengilon memang masih sulit,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  TPST Piyungan Ditutup untuk Desentralisasi Sampah

Kawasan wisata bukit Pengilon bakal memanjakan mata pengunjung dengan keindahan alamnya. Perbukitan yang hijau, luasnya lautan, hingga air terjun bisa dinikmati langsung secara bersamaan di tempat wisata tersebut.

Sulitnya akses menuju lokasi menjadikan beberapa pengunjung putar balik. Namun demikian, lain halnya dengan para penikmat adrenalin dan pecinta alam, Bukit Pengilon bisa menjadi opsi untuk referensi tujuan wisata.

“Kami sudah mengajukan perbaikan jalan menuju tempat wisata ini. Kemungkinan tahun ini akan segera diperbaiki. Dari segi status, wisata Bukit Pengilon masih dikelola oleh masyarakat desa setempat,” pungkasnya.

Baca juga:  Cegah Radang Otak, Dinkes Sleman Siapkan Vaksinasi JE

Sementara itu, salah satu pengunjung, Arum (25) mengungkapkan pengalamannya saat pertama kali datang ke tempat tersebut. Menurutnya, potensi Bukit Pengilon untuk berkembang sangat besar.

Pengunjung asal Jawa tengah tersebut mengaku kagum dengan panorama yang tersaji ditempat tersebut. Namun ia menyayangkan akses jalan menuju lokasi objek wisata yang sulit.

“Pemandangannya bagus banget, gak akan sia-sia jauh-jauh kesini. Aku yakin kalau jalannya bagus, pasti pengunjungnya akan lebih ramai lagi,” imbuhnya. (fif/bid)