Bangun Demak Bermartabat, Bupati Siap Bersinergi dengan Media

  • Bagikan
AKRAB: Bupati saat foto bersama dengan tim Joglo Jateng di Pendopo Satya Bhakti Praja Kabupaten Demak, Senin (28/3). (LU'LUIL MAKNUN /JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Demak ke-519 yang mengusung tema Guyub Rukun Mbangun Demak Lebih Bermartabat, Maju dan Sejahtera, Bupati Demak Eisti’anah mengharapkan adanya kekompakan dan sinergitas dengan media untuk membangun Kabupaten Demak. Salah satunya dengan media cetak dan online Joglo Jateng.

Hal itu diungkapkan bupati saat menerima kunjungan dari tim Joglo Jateng di Pendopo Satya Bhakti Praja Kabupaten Demak, Senin (28/3). Ia mengucapkan terima kasih kepada Joglo Jateng yang telah melakukan silaturahim ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak. Harapannya pada momen tersebut Joglo Jateng bersama Pemkab Demak dapat bersinergi bersama dan mendukung kemajuan Demak.

Disdik Sleman

“Kita berkeinginan bisa saling berkoordinasi, saling membantu, jadi kita melibatkan semua media khususnya Joglo Jateng bisa berkoordinasi dengan Pemkab Demak. Pemkab juga perlu di-publish program-program apa yang telah dilakukan. Kita kalau tidak ada yang mem-publish kan masyarakat tidak bisa mengetahui kinerja pemkab seperti apa, iki jan jane kerjone lahopo ngunu (ini kerjanya apa ya?), ya kita saling koordinasi dan saling kerjasama, bareng-barenglah,” ungkapnya.

Ketika ditanya terkait program pemulihan pasca Covid-19, Bupati Eisti’anah memaparkan, pihaknya sedang fokus pada sektor UMKM karena menurutnya pada sektor tersebut menjadi sektor yang paling berdampak oleh pandemi selama dua tahun terakhir. Salah satu program pemulihan yang dilakukan oleh Pemkab Demak adalah dengan menggelar bazar di 14 kecamatan yang ada di Demak.

Baca juga:  Kepala Desa Diharapkan Melek Teknologi

“UMKM-nya yang kita genjot. Salah satunya kemarin, seminggu terakhir dalam rangka menyongsong hari jadi kita melakukan bazar, kalau biasanya bazar dilakukan di satu titik karena ini Covid juga,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan bazar tersebut, Pemkab Demak tidak hanya membantu para pelaku UMKM dalam permodalan saja, tapi juga membantu dalam bidang mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Demak.

“Nah kita memberikan bantuan, bukan hanya pendampingan secara modal, tapi juga dalam bidang mempromosikan dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah atau kabupaten lainnya. Jadi antar kabupaten tidak ada persaingan tapi kita bareng-bareng meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, bupati juga memaparkan selain fokus pada sektor UMKM, pihaknya juga fokus dengan sektor pariwisata. Karena sektor pariwisata juga mengalami penurunan yang cukup signifikan selama pandemi.

“Ini kita perhatikan karena memang betul-betul hampir 100 persen terpengaruh karena pandemi. Nah masih dalam rangka menyongsong hari jadi juga, nanti tanggal 30 Maret akan kami adakan acara wayang dan kesenian di sini. Saya kemarin mengintruksikan terkhusus untuk para pelaku seni yang ada di Demak yang sudah lama berhenti tidak bermain kita undang, kita bantu orang Demak,” ucapnya. (cr3/gih)

  • Bagikan