Lebaran 2022, Pengunjung Pasar di Pati Naik Tiga Lipat

  • Bagikan
RAMAI: Terlihat sejumlah pengunjung di Pasar Puri Baru Kabupaten Pati sedang berbelanja, belum lama ini. (LUTHFI MAJID / JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Jumlah pengunjung di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Pati mengalami kenaikan jumlah pengunjung saat liburan lebaran 2022. Kenaikan di taksir mencapai tiga kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disdagperin Pati Koeswantoro mengatakan, berdasarkan pantauannya, sejumlah pasar di Kabupaten Pati mengalami kenaikan jumlah pengunjung. Namun dirinya tidak menyebut titik pantuaan secara jelas.

Disdik Sleman

Menurut Koeswantoro, kenaikan pengunjung yang terjadi dibeberapa pasar di rasa cukup signifikan. Sedangkan kenaikan jumlah pengunjung dapat dilihat dari kenaikan omset para pedagang per harinya. “Semisal sehari dapat Rp 100 ribu, pada hari itu bisa mendapat Rp 300 ribu. Jadi kenaikannya bisa Rp 200 ribu,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, jumlah pengunjung saat ini sudah dikatakan normal. Hal itu karena masyarakat sudah menjalankan akvitas sehari-hari. Namun ia menilai, pengunjung saat liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 meningkat dibanding dengan lebaran sebelumnya.

Baca juga:  Mudahkan Masyarakat, Disdukcapil Kenalkan Aplikasi Tarjilu

“Pengunjung pasar lebih ramai dibanding tahun lalu. Pasalnya, dua tahun tidak boleh kemana-mana. Dan tahun ini diberikan kebebasan. Tentunya tidak hanya pasar saja. Seperti tempat wisata,” ungkapnya.

Sementara itu, Paini (60), salah satu pedagang di Pasar Puri Baru Pati membenarkan adanya kenaikan pengunjung saat lebaran 2022. Hal itu ia rasakan setelah beberapa hari berjualan pasca lebaran. Meski ia tidak bisa menyebutkan jumlah pengujung setiap hari.

“Saya berjualan lagi hari kedua lebaran. Sedangkan mulai ramai di hari kelima. Kalau dibandingkan dengan lebaran kemarin ada kenaikan. Meskipun yang ramai hanya di pasar bagian depan saja,” tandas dia. (cr7/rds)

  • Bagikan