Demak  

Puluhan Pejabat Pengawas dan Administrator Dilantik

BACA: Pembacaan sumpah oleh jajaran pejabat saat prosesi pelantikan 4 pejabat administrator dan 84 pejabat di Pendopo Satya Bhakti Praja, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Bupati Demak Eisti’anah melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pejabat Tinggi Pratama Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak. Sebanyak 4 pejabat administrator dan 84 pejabat pengawas dilantik langsung oleh Bupati di Pendopo Satya Bhakti Praja, belum lama ini. 

Pejabat yang dimutasi dan kemudian dilantik diantaranya adalah Sekretaris Dewan (Sekwan) Taufik Rifai yang kini menjabat sebagai Kepala Dinpermades P2KB. Kemudian, Kepala Dinpermades P2KB Daryanto kini menjabat sebagai staf ahli bupati bidang hukum politik pemerintahan. 

Selanjutnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Faturrahman kini menjabat sebagai Badan Kesbangpolinmas. Sementara Kepala Dinas Pariwisata Agus Kriyanto kini menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian. 

Baca juga:  Dinkominfo Serahkan Bantuan Sembako lewat PMI Demak

Bupati Demak Eisti’anah mengatakan, penyesuaian ini dilakukan berdasarkan masukan dan saran berbagai pihak. Yang tentunya telah dirumuskan melalui langkah-langkah terukur, terstruktur, transparan, dan komprehensif. 

Ia menegaskan, proses ini tidak ada bagian yang tercepat ataupun tertinggal. Dirinya berharap penyesuaian formatur ini mampu memberi semangat bagi seluruh jajaran Pemkab Demak di dalam menghadirkan kerja-kerja nyata berdasarkan kebutuhan masyarakat menuju Demak bermartabat, maju, dan sejahtera.

“Justru ini menjadi sebuah pemantapan bagi seluruh jajaran perangkat daerah di Kabupaten Demak untuk saling mengisi kekurangan satu dengan yang lainnya. Karena saya yakin betul bahwa satu kunci utama di dalam memberi pengabdian terbaik bagi masyarakat adalah bagaimana kita mampu menciptakan serta merawat harmonisasi di lingkup internal, baik kelembagaan hingga perorangan,” paparnya. 

Baca juga:  Polres Demak Gelar Inspeksi Keselamatan Kendaraan Umum

Sementara itu, PJ Sekda Pemkab Demak, Eko Pringgolaksito menyampaikan, mutasi pejabat dilakukan setelah enam bulan pelantikan bupati. Menurutnya, sekarang masih ada 12 jabatan eselon 2 atau jabatan pimpinan tinggi pratama yang kosong. Karena itu, pengisian selanjutnya akan dilakukan melalui open bidding untuk proses seleksi.

“Ini tahap pertama untuk mengisi kekosongan. Untuk pengisian tahap kedua menyusul. Ini juga sudah sesuai dengan regulasi. Melibatkan konsultasi dengan komisi aparatur sipil negara (KASN). Nanti, kita akan ajukan lagi izin ke KASN. Setelah itu, menunggu rekomendasinya. Baru setelah itu dilantik. Ini juga sesuai tahapan regulasi,” tuturnya.

Baca juga:  Adakan Sosialisasi Gizi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ajak Anak-anak Konsumsi Makanan Bernutrisi

Diantara jabatan tinggi pratama yang kosong di Kabupaten Demak adalah Dinas Pertanian, Sekretaris Dewan, Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Dinas Pariwisata. Kemudian, ada Dinas Kelautan dan Perikanan, staf ahli, dan lainnya. (cr3/ern)