Kudus  

Parkir CFD, sama seperti Tahun-tahun Sebelumnya

KONDISI: Salah satu kantong parkir untuk event Car Free Day (CFD) Kudus, Minggu (29/5/2022). (SHELA MEYLANI/ JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sudah dua tahun kegiatan car free day (CFD) ditiadakan karena pandemi Covid-19. Akhirnya, pada Minggu (29/5/2022) kegeiatan bebas kendaraan bermotor itu diadakan kembali dengan pembatasan sampai gang satu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto mengatakan, untuk kantong parkir CFD tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. “Istilahnya, CFD tahun ini dihidupkan kembali setelah dua tahun mati. Berarti secara aturan, untuk kantong parkir dan sebagainya itu tetap sama dengan yang lalu,” ujarnya.

Selamat Idulfitri 2024

Untuk pekan ini, CFD hanya sampai gang satu. Maka kantong parkir yang ada di gang dua tidak difungsikan.

Baca juga:  Kampung Ramadan Jadi Wadah Pemberdayaan UMKM

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran dan Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus Wahyudi Eko Wurianto memaparkan, tersedia enam titik penempatan kantong parkir.

“Yang pertama, dibelakang Mal Ramayana. Yang kedua, di jl. Pramuka, mulai dari anggrek sampai perempatan jl. Gatot Subroto. Yang ketiga, gang satu dan gang dua. Selanjutnya, jl. Sunan Kudus apabila di perempatan Ba’agil dibuka. Kemudian, sebelah utara Masjid Agung Kudus, dan seputaran Taman Bojana. Untuk Bojana ini bukan ranah Dishub, tapi Dinas Perdagangan,” jelasnya lebih rinci.

Baca juga:  Meriahkan Milad dengan Ngabuburit Sastra

Ia menambahkan, apabila CFD ini pesertanya membludak, area parkir bisa sampai gang tiga dan gang empat. Mengenai juru parkir CFD, mereka adalah orang-orang yang setiap harinya bertugas di lokasi tersebut.

“Biasanya mereka mulai kerja jam delapan sampai sembilan. Tapi dengan adanya CFD ini, mereka lebih pagi memulai pekerjaannya sebagai juru parkir,” tuturnya.

Petugas-petugas tersebut terdaftar di Dinas Perhubungan. Mereka mendapat surat tugas dari Dishub yang setiap tahunnya ada pembaharuan. Jadi dishub bertugas mengawasi para juru parkir.

Untuk minggu pertama, ketertiban jalan sangat baik sekali, sudah kondusif. Artinya kesadaran masyarakat sangat tinggi. “Saya berharap kedepannya lebih baik lagi. Kalau ketertiban jalan berlangsung dengan baik, saya pikir CFD akan berjalan dengan sukses,” ujarnya. (ara/fat)