Tingkatkan Kreatifitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Game Edukasi

Oleh: Lilik Kustiyani, S.Pd.SD
Guru SDN 1 Garung Kidul, Kec. Kaliwungu, Kab. Kudus

PERKEMBANGAN ilmu dan teknologi saat ini telah berkembang begitu pesat dalam rangka aspek kehidupan, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya berpengaruh terhadap proses pembelajaran, materi pembelajaran, serta cara penyampaian materi tersebut. Guru profesional dituntut untuk mampu berinovasi dalam memberikan pembelajaran kepada siswa, baik itu dalam hal penyampaian materi maupun menguji kemampuan siswa. Guru berkewajiban untuk tidak hanya memberikan materi saja tetapi juga harus berusaha membuat siswa mudah memahaminya. Misalnya dengan penggunaan media pembelajaran IPTEK dalam proses pembelajaran.

Selamat Idulfitri 2024

Matematika merupakan mata pelajaran yang selalu diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Karena matematika mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan ilmu pendidikan, maka dari itu hendaknya pemahaman dan pengertian terhadap matematika ditanamkan dari sekolah dasar.

Banyak siswa yang tidak paham bagaimana mengubah pecahan ke desimal dan mengubah desimal ke pecahan padahal sudah dijelaskan beberapa kali. Hal ini dikarenakan kemampuan dan pemahaman siswa yang berbeda-beda. Dalam metode pembelajaran ini, guru kelas juga menjelaskan masih menggunakan metode cerama. Guru belum menggunakan media-media lain yang dapat menarik minat siswa terhadap pembelajaran matematika, khususnya pada materi pecahan dalam mengkonversi pecahan desimal. Hal ini dilakukan oleh guru kelas IV karena khwatir proses pembelajaran dengan metode yang bervariasi memerlukan waktu lama yang menyebabkan target kurikulum tidak terpenuhi. Disisi lain, menurut guru kelas IV bahwa peserta didik senang bermain terutama bermain game.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

>Ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19, sektor pendidikan mengambil kebijakan dengan melakukan pembelajaran daring dengan sistem peserta didik belajar di rumah. Untuk mencegah kebosanan di rumah, maka dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk belajar mandiri. Penggunaan media yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika dengan materi konversi pecahan desimal akan memberikan pengaruh bagi siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Karena pembelajaran dengan menggunakan media dapat didesain menjadi sebuah pembelajaran yang menyenangkan, menarik sehingga siswa tidak cepat bosan, dan dapat memotivasi serta merangsang siswa untuk semangat dalam belajar. Hal ini dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Media pembelajaran saat ini dibuat semenarik mungkin untuk memudahkan proses belajar mengajar, menjadi kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik lagi yaitu dengan menggabungkan unsur pendidikan dan unsur hiburan. Media pembelajaran yang dikembangkan dikemas dalam bentuk game edukasi.

Game adalah sebuah media untuk melakukan aktivitas bermain yang berupa pemecahan masalah dari game tersebut dengan suatu aturan tertentu. Terkadang bermain game dipandang suatu aktivitas yang tidak produktif. Namun, dengan memasukkan unsur pembelajaran di dalamnya, maka game dapat digunakan sebagai sebuah sistem instruksional (Mahtarami, 2010; Ikwan, Mauluddin, & Mustagfirin, 2017).

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Game edukasi menjadi salah satu solusi yang ditawarkan sebagai media pembelajaran yang inovatif. Game edukasi bisa menjadi media pembelajaran yang mengasyikkan, menyenangkan, memiliki rangkaian, dan menyebabkan kecanduan. Game edukasi merupakan salah satu tema permainan yang berusaha memberikan nilai edukasi dalam sebuah permainan sehingga permainan yang awalnya hanya berfungsi sebagai media penghibur, akhirnya juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau pelatihan. Sehingga game edukasi dapat menjadi salah satu solusi media pembelajaran yang menyenangkan. Game edukasi dengan mata pelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi konversi pecahan desimal dikembangkan dengan software adobe flash professional cs6 dan dioperasikan pada smartphone android. (*)