Tingkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Teknik Pembimbingan

Oleh:  Sus Sulistyawati, S.Pd.SD
Guru SDN 4 Kebongembong, Kec. Pageruyung, Kab.  Kendal 

KETERAMPILAN berbahasa tidak datang dengan sendirinya, melainkan didasari atas berbagai pemahaman dan latihan yang cukup untuk mengasah kemampuan dan memahami apa yang telah dipelajari sebelumnya. Guru sebagai penggerak proses belajar mengajar di dalam kelas diharapkan dapat memantau berbagai tingkat kesukaran yang dialami siswa, memberikan motivasi, meningkatkan minat dalam diri siswa, serta mampu mengarahkan dan mendorong kegiatan belajar di kelas lebih bermakna (S. Nasution, 2017).

Selamat Idulfitri 2024

Dalam lingkungan sekolah, guru memberikan pelajaran dan anak dituntut agar dapat memahaminya. Ketika dipahami secara menyeluruh bahwa sekolah telah menjadi sebuah wahana bagi proses pendidikan nilai. Di dalam sekolahlah diharapkan para siswa mampu belajar mengaktualisasikan nilai-nilai yang telah mereka terima secara langsung.  Kesimpulanya disini yakni fungsi pendidikan dimana para pendidik membimbing anak ke arah suatu tujuan yang kita nilai tinggi.

Mata pelajaran bahasa Indonesia diajarkan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali diri siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan juga kreatif serta kemampuan memperoleh, mengolah, dan memanfaatkan informasi untuk dapat bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah-ubah, tidak pasti dan kompetitif. Permasalahan belajar tersebut membutuhkan sebuah inovasi pembelajaran yang harus dilakukan. Salah satu inovasi yang menarik yang dapat dilakukan oleh guru adalah menerapkan teknik pembimbingan belajar agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan atau menemukan solusi dari kesulitan yang dialaminya pada saat proses pembelajaran.

Upaya pembimbingan belajar siswa perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar, mengingat mata pelajaran bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran penting pada setiap jenjang pendidikan. Sehingga, dengan penerapan teknik pembimbingan belajar ini dapat membantu mengatasi permasalahan dan kesulitan belajar, memberikan motivasi belajar siswa dan menggali potensi yang dimiliki siswa untuk pencapaian tujuan pembelajaran.

Teknik pembimbingan belajar ini merupakan salah satu jenis kegiatan pendidikan dan juga merupakan bentuk kegiatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang yang sudah mempunyai kemampuan lebih atau sudah berpengalaman. Dalam hal ini guru mengajarkan berbagai pengetahuan kepada siswa sebagai bantuan atau pertolongan dalam menghadapi masalah atau situasi yang sulit dalam hal belajar.

Hal-hal ini meliputi penyelesaian tugas-tugas dan latihan dari sejumlah bidang mata pelajaran, dan lain sebagainya. Hasil belajar Bahasa Indonesia menunjukkan perbedaan yang signifikan setelah diberikan perlakuan berupa pembimbingan, hal ini  bisa dilihat dari pencapaian dari nilai rata-rata (mean) pretest dan rata-rata (mean) posttest. Selanjutnya, siswa lebih aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh teknik pembimbingan guru terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa memberikan penguatan yang dalam bagi pengembangan pembelajaran, siswa mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan real untuk capaian proses pembelajaran yang dilakukan. Teknik pembimbingan ini bersifat inovatif kreatif dengan melihat situasi perkembangan peserta didik untuk dapat dikembangkan. Teknik pembimbingan variatif yang mendukung tercapainya pembelajaran Bahasa Indonesia yang jauh lebih baik lagi dan mengena sesuai tingkat kebutuhan peserta didik. (*)