Asyiknya Belajar Jenis-Jenis Pekerjaan dengan Flash Card

Oleh: Widiyowati, S.Pd.
Guru SDN 02 Pedurungan, Kec. Taman, Kab. Pemalang

TAHAP perkembangan anak di kelas 1 Sekolah Dasar berada pada fase memahami hal-hal yang bersifat konkret. Mereka belum bisa menangkap konsep belajar dengan menggunakan sesuatu yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, konsep-konsep belum dapat diberikan pada siswa di kelas rendah terutama kelas 1. Guru harus memahami tahapan perkembangan siswa di kelasnya. Dalam memperkenalkan jenis-jenis pekerjaan, guru kelas 1 SD Negeri 02 Pedurungan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, guru menggunakan media gambar untuk memudahkan siswa dalam memahami jenis-jenis pekerjaan, baik di lingkungan sekitar maupun dalam lingkup yang lebih luas lagi. Media gambar ini dikenal dengan nama Flash Card.

Selamat Idulfitri 2024

Media flash card adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar berukuran 25X30 cm. Gambar-gambar yang dibuat menggunakan tangan atau foto atau memanfaatkan gambar atau foto yang sudah ada yang ditempelkan pada lembar-lembar flash card. Gambar-gambar yang ada pada flash card merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap gambar yang dicantumkan pada bagian belakang kartu (Susilana, dan Riyana, 2009: 94). Media ini dianggap cocok digunakan di kelas 1 dengan memodifikasi gambar agar lebih colorfull untuk menarik minat dan perhatian siswa pada materi yang akan disampaikan.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Flash card digunakan karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain: a) Mudah dibawa. Dengan ukuran yang kecil flash card dapat disimpan di atas bahkan di saku, sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas, dapat digunakan di mana saja, di kelas atau pun di luar kelas. b) Praktis. Dilihat dari cara pembuatannya dan penggunaannya, media flash card sangat praktis, dalam menggunakan media ini guru tidak perlu memiliki keahlian khusus, media ini tidak perlu juga membutuhkan listrik. Jika akan menggunakan kita tinggal menyusun urutan gambar sesuai dengan keinginan kita, pasti posisi gambarnya tepat tidak terbalik, dan jika sudah digunakan tinggal disimpan kembali dengan cara diikat atau menggunakan kotak khusus supaya tidak tercecer.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kemudian, c) mudah diingat. Karakteristik media flash card adalah menyajikan pesan-pesan pendek pada setiap kartu yang disajikan. Misalnya mengenal huruf, mengenal angka, mengenal nama binatang dan sebagainya. Sajian pesan-pesan pendek ini akan memudahkan siswa untuk mengingat pesan tersebut. Kombinasi antara gambar dan teks cukup memudahkan siswa untuk mengenali konsep tersebut, untuk mengetahui nama sebuah benda dapat dibantu dengan gambarnya, begitu juga sebaliknya untuk mengetahui apa wujud sebuah benda atau konsep dengan melihat huruf atau teksnya.

Selanjutnya, d) menyenangkan. Media flash card dalam penggunaannya bisa melalui permainan. Misalnya siswa secara berlomba-lomba mencari satu benda atau nama-nama tertentu dari flash card yang disimpan secara acak, dengan cara berlari siswa berlomba untuk mencari sesuai perintah, selain mengasah kemampuan kognitif juga melatih ketangkasan (fisik).

Langkah penerapan flash card dalam bentuk permainan cukup mudah. Pertama, guru menyiapkan kartu bergambar yang berisi gambar-gambar penuh warna berupa jenis-jenis pekerjaan. Kedua, guru menempel kartu-kartu tersebut di papan tulis yang mudah dijangkau anak. Ketiga, guru memberikan kartu lain berupa tulisan jenis-jenis pekerjaan. Masing-masing siswa diberi satu kartu dengan cara dibalik. Keempat, guru memulai permainan dengan memberi aba-aba kepada siswa yang telah ditunjuk (3-5 orang) untuk mencocokkan kartu yang dipegang dengan gambar yang telah ditempel di depan kelas. Permainan ini dilakukan 3-4 kali setiap kelompok, kemudian bergantian dengan kelompok yang lain. Kelima, guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran atau menulis di buku tulis sebagai catatan.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Selain meningkatkan hasil belajar, flash card juga memberikan pengalaman yang berkesan bagi siswa karena dilakukan dengan cara bermain. Dengan permainan, siswa melaksanakan pembelajaran tanpa beban. Flash card dapat pula direkomendasikan untuk muatan pelajaran lain, misalnya matematika atau pengenalan kosa kata. (*)