Consen Flash Card Tingkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi

Oleh: Isvana, S.Pd
Guru Kelas SDN Bintoro 05 Demak

KETERAMPILAN menulis merupakan salah satu dari empat komponen keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Salah satu aspek menulis adalah menulis paragraf deskripsi. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Dalam kegiatan menulis, penulis haruslah terampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan kosa kata. Akan tetapi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, hal ini merupakan suatu kesulitan yang dialami siswa. Permasalahan yang timbul dari siswa antara lain kurangnya pelatihan keterampilan menulis dan motivasi belajar yang rendah sehingga aktivitas siswa dalam belajar kurang maksimal. Hal tersebut mengakibatkan siswa malas menulis dan menulis huruf dengan tulisan yang asal dibaca sendiri. Menulis dirasakan sebagai suatu beban yang berat. Oleh karena itu, diperlukan dorongan motivasi agar siswa menyadari bahwa menulis merupakan suatu keterampilan mutlak yang harus diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan. Kondisi yang terjadi di kelas II SDN SDN Bintoro 05 Demak justru tampak bahwa hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran tersebut perlu sekali ditingkatkan kualitasnya agar aktivitas siswa meningkat dan dapat belajar bahasa Indonesia dengan antusias dan menyenangkan. Melihat kondisi ini, guru berfikir dalam pembelajaran kedepannya membutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa mudah memahami dan media yang mampu membantu siswa dalam kegiatan menulis. Berdasarkan pada teori behavioristik, untuk memecahkan masalah tersebut guru akhirnya menerapkan model consen flash card.

Selamat Idulfitri 2024

Consen Flash Card merupakan singkatan dari concept sentence berbantuan flash card. Model concept sentence merupakan salah tipe model pembelajaran yang dikembangkan dari cooperative learning. Concept sentence adalah model pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan kartu-kartu yang berisi beberapa kata kunci kepada siswa, kemudian kata kunci-kata kunci tersebut disusun menjadi beberapa kalimat dan dikembangkan menjadi paragraf-paragraf (Kiranawati: 2008).

Kegiatan menulis deskripsi dengan concept sentence lebih optimal karena ditunjang dengan media pembelajaran. Media flash card merupakan media visual yang dapat memperlancar pemahaman, memperkuat ingatan serta menumbuhkan minat siswa dan memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Flash card merupakan kartu-kartu bergambar yang dilengkapi kata-kata, diperkenalkan oleh Glenn Doman (Fatoni, 2009). Gambar-gambar pada flash card dikelompokkan antara lain: seri binatang, buah-buahan, pakaian, warna, bentuk-bentuk angka, dan sebagainya.

Model concept sentence merupakan salah satu pengembangan atau turunan dari cooperative learning yang dikembangkan oleh Robert E. Slavin. Sintaks model pembelajaran concept sentence ialah sebagai berikut (Suprijono, 2009:132). 1)Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. 2)Guru menjelaskan materi menulis deskripsi (makhluk hidup antara lain binatang, tumbuhan, dan buah-buahan). 3)Guru membentuk kelompok secara berpasangan. 4)Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan. 5)Tiap kelompok dengan bimbingan guru membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat. 6)Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh guru. 7)Siswa mengerjakan soal evaluasi menulis deskripsi.

Adapun langkah-langkah pembelajaran menulis deskripsi menggunakan model concept sentence berbantuan flash card yaitu sebagai berikut. 1)Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. 2)Guru melakukan tanya jawab untuk menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan dipelajari. 3)Guru menjelaskan materi tentang menulis (mendeskripsikan) makhluk hidup dengan menunjukkan gambar. 4)Siswa secara berpasangan mendapatkan kartu bergambar seri makhluk hidup yang berisi kata kunci, tiap pasangan mendapatkan kartu yang berbeda gambar. 5)Tiap pasangan membuat minimal empat kata kunci berdasarkan pengamatan gambar kemudian menulis deskripsi berdasarkan kata kunci pada lembar kerja. 6)Setelah waktu diskusi selesai, beberapa kelompok maju membacakan hasil pekerjaan menulis deskripsi. 7)Kelompok yang mendeskripsikan dengan baik akan mendapatkan penghargaan. 8)Guru menunjuk beberapa siswa untuk diuji kemampuan mendeskripsikan secara lisan tentang makhluk hidup. 9)Siswa secara individual mengerjakan soal evaluasi menulis deskripsi.

Berdasarkan hasil observasi selama beberapa waktu yang dilakukan di Kelas II SDN SDN Bintoro 05 Demak dapat diambil kesimpulan bahwa melalui Consen Flash Card ampuh tingkatkan keterampilan menulis deskripsi. (*)