Dewan Usul Tambahan Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

SUASANA: DPRD Provinsi Jateng menggelar rapat paripurna di Gedung Berlian lantai 4, belum lama ini. (HUMAS / JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah, Imam Teguh Purnomo mengusulkan tambahan kegiatan sosialisasi dan publikasi empat pilar kebangsaan. Hal itu dikemukakan saat rapat paripurna kerja Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tahun 2023, belum lama ini.

Imam menyampaikan, berdasarkan rancangan kerja DPRD Jateng 2023 itu tertulis bahwa penyelenggaraan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan digelar tiap bulannya hanya satu kali. Ia menilai rancangan tersebut dinilai kurang efektif. Maka, ia mengusulkan kegiatan tersebut diselenggarakan setiap bulannya minimal dua kali.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami mengusulkan di dalam rancangan kerja ini, jangan dipatok atau dibaku 12 kali. Kita menginginkan bahwa di dalam kita menanamkan empat pilar kebangsaan ini sebulan minimal 2 kali,” pintanya.

Baca juga:  ADO: THR Driver Ojol hanya Angin Kosong

Bagi dia, penambahan kegiatan itu dinilai sangat penting dalam memberikan penanaman nilai pancasila kepada masyarakat. Imam juga memberikan usulan tambahan terkait kegiatan DPRD Mengajar, mengingat kegiatan itu digelar hanya dua kali dalam setahun. Lalu, ia mengusulkan agar dilaksanakan enam kali kegiatan DPRD mengajar dalam setahun.

“Kami ingin menanamkan kepada siswa supaya melek politik. Dalam satu tahun ada enam kali kegiatan DPRD mengajar,” ucapnya.

Senada dengan Imam, Agung Budi Margono dari Komisi C DPRD Jateng setuju dengan usulan dari politisi partai Golkar itu. Ia berharap, usulan tersebut segera diputuskan.

Baca juga:  BI Jateng Gandeng Dewan Masjid, Permudah Pembayaran Zakat dengan QRIS

“Saya pada prinsipnya setuju, untuk meningkatkan kapasitas kita dengan cara keterlibatan sosialisasi empat pilar dan juga dengan DPRD Mengajar bisa diberikan tambahan alokasi kegiatan,” katanya. (dik/gih)