Belajar Kapanpun Dimanapun dengan E-Modul Flip PDF Professional

Oleh: Gones Belia, S.Pd.SD
Guru SD Negeri Sedo 1, Kec. Demak, Kab. Demak

PANDEMI Covid-19 merupakan musibah sekaligus anugerah bagi guru di Indonesia, terutama tataran sekolah dasar. Pandemi sebagai musibah karena guru harus beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan baik, apabila didukung dengan sarana prasarana yang memadai. Mulai dari perangkat komputer atau laptop, jaringan internet, metode mengajar, aplikasi sosial media, serta bahan ajar merupakan sarana yang perlu dipersiapkan dengan baik. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan, sarana prasarana tersebut menjadi kendala utama penyebab pembelajaran jarak jauh menjadi kurang efektif. Sedangkan pandemi sebagai anugerah karena dengan segala keterbatasan sarana prasarana dukungan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran jarak juah dalam jaringan,(daring), memaksa guru untuk berpikir keras bagaimana cara melaksanakan pembelajaran dalam jaringan agar tetap dapat berjalan secara efektif seperti pembelajaran tatap muka secara langsung.

Selamat Idulfitri 2024

Pandemi telah mengakrabkan guru dengan teknologi pembelajaran yang selama ini jarang, atau bahkan belum pernah didengar dan disentuh. Tidak sekadar memberikan tugas melalui pesan di grup media sosial, guru mulai mengeksplor berbagai aplikasi pembelajaran jarak jauh, seperti google form dan quizizz serta mencoba menggunakan teknologi teleconference seperti zoom dan google meet. Rupanya, kini inovasi menjadi kunci bagi keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat bahan ajar elektronik modul (e-modul) menggunakan aplikasi Flip Pdf Professional.

Menurut Fausih (2015), “Modul elektronik merupakan informasi yang ditampilkan dalam bentuk buku yang disuguhkan secara elektronik dengan menggunakan compact disk, flash disk, atau hard disk yang dapat dibaca melalui layar komputer atau alat baca lainnya”. Sedangkan Flip PDF Professional merupakan salah satu aplikasi yang berguna buat membuat e-book dalam wujud format flipbook. Aplikasi Flip PDF Professional ini dilengkapi bermacam fitur multimedia semacam video, audio, serta animasi (Watin & Kustijono, 2017).

Adapun kelebihan dari E-modul dengan aplikasi Flip PDF Professional adalah tampilannya yang menarik dengan penambahan gambar, animasi, video, audio dan lain sebagainya, sehingga membuat flipbook interaktif dengan penggunanya. Dengan adanya gambar, video, animasi, serta audio, dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Kemudian, terdapat berbagai macam template, tema, pemandangan, latar belakang, dan plugin yang bervariasi dan menarik sesuai dengan selera pembuatnya. Format keluaran (output) juga bervariasi, mudah diakses, dan fleksibel seperti html, exe, zip, versi mobile, dan lain sebagainya. Terakhir adalah menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk digital yang dapat diakses melalui komputer, laptop atau smartphone android. Apalagi mengingat setelah pandemi berjalan kurang lebih dua tahun, kepemilikan smartphone android di kalangan siswa meningkat drastis. Hal ini jelas akan mempermudah siswa dalam mempelajari e-modul yang digunakan.

Siswa kelas VI di SD Negeri Sedo 1 menggunakan e-modul dengan aplikasi Flip PDF Professional pada mata pelajaran Matematika materi bilangan bulat. Video penjelasan dalam e-modul sangat membantu siswa untuk mempermudah materi bilangan bulat yang dipelajari. Siswa memberikan kesan yang bagus terhadap e-modul tersebut. E-modul ini tidak hanya menjadi jawaban bagi kesulitan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dalam pandemi, namun dapat juga digunakan untuk belajar tatap muka secara langsung. Maka ketidakhadirannya sementara dapat digantikan dengan adanya e-modul ini. E-modul ini juga dapat melatih kemandirian siswa dalam belajar. Siswa dapat mempelajari sendiri materi tanpa bergantung sepenuhnya dengan kehadiran guru. Siswa dapat belajar dengan fleksibel kapan pun mereka mau, sesuai waktu yang mereka punya. Siswa juga dapat belajar di mana pun berada karena perangkat telepon pintar dapat dibawa ke mana pun dengan sangat mudah. Bagi guru, keberadaan e-modul merupakan suatu bentuk tanggung jawab terhadap kewajiban pengembangan kompetensi yang harus terus digali. E-modul sebagai bukti guru mau berbenah menuju guru yang profesional mengikuti perkembangan zaman. (*)