Disdikbud Sebut Tiap Kecamatan Masuk Sistem Zonasi

Sekretaris Disdikbud Jateng, Suyanta. (HUMAS / JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jateng, Suyanta menyebut, dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) setiap kecamatan masuk sistem zonasi. Menurutnya, kecuali jika tidak ada SMA/SMK negeri, itu harus dimasukkan ke zonasi khusus.

Hal itu merespon berita sebelumnya bahwa salah satu SMA di Kabupaten Pemalang mengalami eror sistem zonasi dalam beberapa desa di satu kecamatan. Sehingga, dikhawatirkan siswa tidak bisa sekolah.

Selamat Idulfitri 2024

“Semua kecamatan itu masuk wilayah zonasi. Tidak ada satu kecamatan pun yang tidak masuk dalam zonasi, bahkan satu kecamatan bisa masuk zonasi beberapa sekolahan,” jelas Suyanta saat dikonfirmasi, Selasa (28/6).

Baca juga:  10 Orang di Semarang Terjangkit Leptospirosis Ringan

Selain itu, pihaknya menyampaikan bahwa PPDB tahun ini tidak banyak laporan yang masuk. “Alhamdulillah untuk tahun ini tidak begitu banyak laporan yang masuk. Beberapa laporan memang sudah teratasi,” ujarnya.

Suyanta mengingatkan, verifikasi akun PPDB pada Selasa (28/6) adalah hari terakhir. Setelah verifikasi akun, pihaknya menyarankan untuk orang tua atau siswa segera aktifasi.

“Artinya, orang mendapatkan akun itu belum mendaftar. Pendaftarannya, baru besok tanggal 29 Juni – 1 Juli. jadi, mohon kepada orang tua untuk mendaftarkan putra-putri nya di SMA/SMK negeri mulai besok pagi. Silahkan dipilih sesuai dengan yang diminatinya,” jelasnya.

Baca juga:  Pemkot Semarang akan Benahi Crossing Drainase Flyover Madukoro

Pihaknya mengungkapkan, jika dalam pendaftaran itu mengalami hambatan silahkan bisa menghubungi lewat sekolah negeri di tempat tersebut. “Kemudian yang terakhir jangan lupa dipantau pemeringkatannya. Kalau dia nanti sudah terlempar untuk segera menentukan pilihan di sekolah lain,” paparnya. (dik/gih)