Belajar Asmaul Husna dengan Quick on The Draw

Oleh: Titiek Insaniarti, S.Pd.I
Guru SDN 01 Pamutih, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang

PENDIDIKAN sangat penting bagi kehidupan manusia pada masa mendatang. Oleh karena itu, pendidikan digunakan sebagai pilar utama dalam membangun kehidupan yang lebih baik bagi setiap individu. Hal ini membuat pemerintah Indonesia memberi perhatian yang lebih dalam dunia pendidikan, yang mana diwujudkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Maka dari itu, untuk mewujudkan pendidikan yang baik bagi semua masyarakat khususnya siswa, maka salah satu caranya ialah dibutuhkan kreativitas guru dalam mengajar, khususnya pada pemilihan metode pembelajaran (Waris, 2021).

Selamat Idulfitri 2024

Kecenderungan guru menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional atau tradisional, menyebabkan peserta didik kurang dalam hal memberikan gagasan, pendapat, dan mengolah informasi yang didapatkan. Permasalahan yang terjadi pada peserta didik kelas III di SDN 01 Pamutih adalah guru mendominasi pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, seperti metode ceramah yang membuat peserta didik hanya sekedar mendengarkan materi pelajaran dan kurang melibatkan keaktifan peserta didik. Terdapat beberapa peserta didik yang memiliki nilai di bawah kriteria ketentuan minimal (KKM) dan juga banyak yang tidak aktif bertanya dan menyampaikan gagasan selama proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat melibatkan siswa secara aktif, kreatif inovatif dan menyenangkan adalah metode Quick on The Draw (kecepatan berpikir).

Metode Quick on The Draw adalah sebuah metode yang dilakukan pada proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat sebuah kelompok kecil agar setiap kelompok dapat bekerja sama dengan kompak dan kecepatannya dalam mencari, menjawab, dan melaporkan informasi dalam sebuah permainan melalui set kartu yang berbeda warna dalam setiap kelompok yang sudah disiapkan guru di atas meja guru (Maulida, 2020).

Pada penerapan metode Quick on The Draw dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) kelas III materi Asmaul Husna di SDN 01 Pamutih, dimulai dengan guru memberikan penjelasan mengenai tujuan dan aturan pembelajaran kepada siswa. Lalu guru mengingatkan mengenai materi Asmaul Husna serta memberikan motivasi dengan mengenalkan konsep dasar dalam kehidupan sehari-hari. Langkah yang kedua adalah masuk ke kegiatan intinya. Guru membagi siswanya ke dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Kemudian tiap kelompok diminta untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan saat mengerjakan kartu kerja. Setelah itu, guru menaruh tumpukan kartu kerja di meja dan akan memberikan aba-aba mulai, dan perwakilan kelompok bergegas untuk mengambil kartu kerja yang pertama lalu mengerjakannya secara berkelompok. Jawaban nantinya akan diperiksa guru, jika benar akan mengerjakan kartu selanjutnya. Namun jika belum benar, siswa diminta mengerjakan kembali. Kelompok pertama yang dapat mengerjakan semua tumpukan kartu kerja dinyatakan menang dan hasilnya akan dipresentasikan di depan kelas. Di akhir kegiatan guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi.

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw pada pelajaran PABP di kelas III SDN 01 Pamutih Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah berjalan dengan baik. Hasil belajar PABP peserta didik yang diajar sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw di kelas III SDN 01 Pamutih terdapat rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik. Sebelum penerapan model yakni 59, Sedangkan setelah penggunaan model menjadi 82 dengan kategori tinggi. Implementasi metode Quick on The Draw mempermudah peserta didik mengingat, menghafal, dan lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan diterapkannya metode Quick on The Draw tersebut, siswa lebih aktif serta pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Metode tersebut mengarahkan peserta didik untuk bekerja secara cepat di dalam kelompok. Metode ini merangsang setiap peserta didik dalam kelompok untuk aktif bekerja sama dalam memahami materi, menjawab pertanyaan, dan melaporkan jawaban. (*)