Tingkatkan Motivasi Belajar melalui Outdoor Learning

Oleh: Titis Widiastuti, S.Pd
Guru SD Negeri Bango 2, Kec. Demak, Kab. Demak

DUNIA pendidikan mengalami perubahan dalam proses pelaksanaannya akibat pandemi Covid-19. Pandemi menyebabkan lemahnya banyak sektor termasuk pendidikan. Guru sebagai pengajar hendaknya berpikir kreatif untuk menciptakan atmosfer pembelajaran yang efektif dan efisien. Selama proses kegiatan belajar mengajar secara dalam jaringan (daring), banyak terjadi kendala oleh semua pihak, namun penerapan pembelajaran jarak jauh sudah menjadi kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk dilaksanakan.

Selamat Idulfitri 2024

Dalam kondisi nyata, pembelajaran daring mengalami beberapa hambatan mulai dari kurang pahamnya siswa dalam menerima materi pembelajaran via online, siswa diberi tugas yang banyak, rasa jenuh dengan model pembelajaran, hingga berkurangnya motivasi belajar siswa yang menyebabkan orang tua siswa harus turun tangan dalam mengerjakan tugas daring tersebut. Bisa dibilang justru orang tua yang lebih dominan mengerjakan tugas. Waktu yang lebih banyak di rumah karena pandemi menyebabkan banyak siswa malas dan tidak termotivasi untuk belajar. Motivasi siswa itu sendiri merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Tapi justru mereka terlena dengan bermain game atau gadget. Kondisi ini pula yang terjadi di kelas 3 SD Negeri Bango 2 Demak. Sebagian besar siswa kesulitan belajar dikarenakan rendahnya motivasi mereka, siswa menganggap suatu muatan pelajaran itu susah di antaranya adalah IPA. Siswa kelas 3 yang termasuk kategori anak berusia 9 tahun memiliki kodrat diri yang masih senang bermain, maka tugas kita sebagai guru adalah mengubah pola belajar siswa dengan menyamakan perkembangan umur anak. Siswa kelas 3 tidak bisa menerima pola belajar seperti siswa kelas tinggi. Melihat keadaan ini, maka saya sebagai guru berupaya mencari metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan metode outdoor learning.

Outdoor Learning merupakan salah satu metode pembelajaran di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar kehidupan siswa. Penulis sebagai guru memilih outdoor learning dengan alasan penggunaan outdoor learning dapat diterapkan di sekitar rumah siswa. Selain itu, metode tersebut juga dipilih karena model pembelajarannya menyenangkan atau fun learning. Siswa juga dapat mengenal obyek, gejala dan permasalahan, menelaahnya, serta menemukan simpulan atau konsep pada materi perubahan energi dengan outdoor learning di sekitar rumah siswa. Kemudian juga karena pandemi mengakibatkan model pembelajaran yang digunakan guru terbatas karena dilakukan dengan online, pemberian tugas, mengerjakan soal yang dirasa membosankan diganti dengan outdoor learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penerapan outdoor learning di kelas 3 SD Negeri Bango 2, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak dapat meningkatkan motivasi belajar. Siswa lebih antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran. Siswa lebih tertarik dan fokus memperhatikan penjelasan dan prosedur yang harus dilakukan saat pembelajaran outdoor, siswa terlibat langsung pada proses pembelajaran dan dapat memahami materi perubahan energi dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Karena sejatinya, motivasi timbul dan menguatnya motivasi yang ada pada diri siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu cita-cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dalam kegiatan belajar mengajar, serta upaya guru dalam mendidik siswa. Oleh sebab itu, seorang guru harus bisa memanfaatkan faktor-faktor tersebut dengan baik agar motivasi belajar siswa dapat berkembang maksimal. (*)