Tingkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA melalui Video Pembelajaran

Oleh: Iwan Kuntoro, S.Pd.SD
Guru SD Negeri 02 Sitemu, Kec. Taman, Kab. Pemalang

PENGUASAAN konsep dan hasil belajar memiliki hubungan yang sebanding dengan peningkatan mutu pendidikan, yaitu apabila terdapat peningkatan mutu pendidikan, berarti ada peningkatan hasil belajar. Hasil belajar yang meningkat itu berarti ada peningkatan terhadap pemahaman konsep pembelajaran. Penguasaan konsep dapat diartikan sebagai kemampuan siswa dalam memahami makna secara ilmiah, baik teori maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat Idulfitri 2024

Seseorang dapat dikatakan menguasai konsep apabila orang tersebut benar-benar memahami konsep yang dipelajarinya, sehingga mampu menjelaskan dengan kata-katanya sendiri sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya, tetapi tidak mengubah makna yang ada di dalamnya. Dimyati dan Mudjiono (dalam Nurhani, 2015: 142) berpendapat bahwa pembelajaran adalah suatu persiapan yang disiapkan oleh guru guna menarik dan memberi informasi kepada siswa, sehingga dengan persiapan yang dirancang oleh guru dapat membantu siswa dalam menghadapi ujian.

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) menekankan pada pemberian langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam secara ilmiah. Untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar secara aktif dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran, (Hamalik: 1994, hal 69).

Lingkungan pembelajaran berbasis video memiliki potensi besar dalam mempengaruhi masa depan pembelajaran dan terus tumbuh serta menyediakan platform bagi pelajar (Giannakos, Sampson, & Kidzinski, 2016). Video pembelajaran memungkinkan kita untuk mengatasi kendala dunia nyata dan mengeksplorasi kemungkinan yang dapat disediakan oleh ruang digital. Pendidikan yang inovatif dan kreatif harus mampu untuk mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran yang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk video. Melalui video dapat menjadi media untuk menjelaskan materi IPA yang sulit dan abstrak untuk ditampilkan dikelas maupun sebagai bahan belajar mandiri bagi siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan pendidik dalam pengembangan video pembelajaran IPA untuk membantu menjelaskan konsep IPA yang sulit dan abstrak tersebut. Dalam hal ini, materi Akibat Gerakan Bumi/Bulan terhadap Matahari. Materi ini yang cenderung abstrak bisa divisualisasi menggunakan pembelajaran berbasis video. Sehingga konsep yang abstrak menjadi lebih konkret dan dapat menampilkan gerak yang dapat dipercepat dan juga bisa diperlambat disesuaikan dengan kebutuhan, serta mampu menampilkan secara detail sehingga mudah diamati oleh siswa.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan video untuk pembelajaran yaitu: 1) Tentukan video yang sesuai dengan karakteristik materi IPA, tujuan pembelajaran dan video yang mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran; 2) Video harus menarik atau memiliki daya tarik yang tinggi untuk dilihat oleh siswa. Hal ini dapat membantu memfokuskan perhatian memberikan siswa alasan untuk mau fokus melihat video pembelajaran IPA tersebut; 3) Guru sebagai pengguna di kelas dapat mengintegrasikan video ke seluruh pembelajaran terstruktur, dengan menjeda video untuk berdiskusi singkat dengan siswa; dan 4) Video harus mampu merinci peristiwa atau fenomena IPA yang di bahas, agar konsep abstrak tersebut dapat terlihat lebih real .

Kelebihan penggunaan video pembelajaran yaitu: 1) Dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik, dan lain-lain; 2) Dapat menggambarkan sesuatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang; 3) Menanamkan sikap dan segi-segi efektif lainnya; 4). Video yang mengandung nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa; 5) Video dapat ditunjukkan kepada kelompok besar ataupun kelompok kecil, kelompok yang heterogen maupun perorangan.

Melalui penggunaan media video, pembelajaran pada materi Gerakan Bumi/Bulan terhadap Matahari siswa mampu memahami konsep. Selain itu, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA juga mengalami peningkatan. (*)