Tingkatkan Ketrampilan Menulis Puisi melalui Media Lagu

Oleh: Sarohah, S.Pd.SD
Guru SDN 01 Sukorejo, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang

PELAJARAN Bahasa Indonesia mengarahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis. Bahasa Indonesia di SD terdiri dari empat aspek yaitu berbicara, menyimak, membaca dan menulis, dan ditambah dua aspek penunjang kebahasaan dan apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia SD. Pembelajaran menulis di tingkat SD terintegrasi dengan mata pelajaran yang lain. Dengan menulis, siswa dapat belajar ilmu pengetahuan yang mendalam. Salah satu kompetensi yang harus dicapai di SD adalah ketrampilan menulis sastra berbentuk puisi. Sastra memiliki tiga aspek penting yaitu keindahan, kejujuran dan kebenaran. Dengan sastra, siswa dapat mengapresiasikan segala sesuatu yang mereka lihat, cium, dengar, dan rasakan.

Selamat Idulfitri 2024

Menulis puisi sudah diajarkan dari kelas bawah, sehingga diharapkan di kelas atas siswa mampu menulis puisi dengan bahasa dan struktur yang benar. Namun kenyataannya, siswa kelas V di SDN 01 Sukorejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang banyak yang kurang menguasai materi pelajaran menulis puisi karena menganggap menulis puisi hal yang sangat sulit. Tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya. Artinya, guru lebih banyak menerapkan model dan media pembelajaran. Dalam hal ini, guru memilih lagu yang diperdengarkan melalui media audio. Lagu mempengaruhi daya kreatif siswa. Guru dapat menggunakan lagu untuk menata hati, mengubah keadaan mental siswa dan mendukung lingkungan belajar siswa. Menulis puisi melalui media lagu dapat meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar, siswa lebih termotivasi, dapat meningkatkan ketrampilan menulis puisi dan hasil belajar meningkat.

Menurut Hasanuddin (2002: 5), menyatakan puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif penyair yang masih abstrak dikonkretkan. Untuk mengonkretkan peristiwa-peristiwa yang telah ada di dalam pikiran dan perasaan penyair, dan puisi merupakan sarananya. Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar yang digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, kemampuan, dan ketrampilan siswa, sehingga mendorong terciptanya proses belajar mengajar, Ada 6 jenis media pembelajaran, antara lain media audio, media visual, media audio visual, media serbaneka, fotografi, dan peta/globe. Media audio sendiri berupa kaset audio, CD, siaran radio dan telepon. Dengan audio guru bisa memutarkan lagu dari kaset maupun CD.

Penggunaan lagu dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan dampak positif untuk proses pembelajaran. Hal itu dikarenakan, iringan lagu merupakan salah satu cara untuk merangsang pikiran, sehingga siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik. Selain pikiran, iringan lagu juga dapat memperbaiki konsentrasi, ingatan, meningkatkan aspek kognitif, dan juga kecerdasan emosional. Langkah-langkah pembelajarannya, pertama guru memberikan persepsi sesuai konteks kemudian guru dan peserta didik bertanya jawab tentang langkah-langkah apa yang harus ditempuh dalam menulis puisi dan menyampaikan manfaat serta tujuan pembelajaran. Kedua, guru memutar lagu dan siswa mendengarkannya. Ketiga, guru dan siswa membahas isi lagu agar siswa lebih paham mengenai tema. Keempat, setelah membahas isi lagu, guru memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bertanya apabila ada yang belum paham. Kelima, setelah siswa dapat menentukan tema, guru menyuruh kepada siswa untuk menulis puisi. Keenam, guru memantau para siswa ketika menulis puisi dan apabila ada siswa yang mengalami kesulitan maka guru memberikan bimbingan.

Terdapat beberapa kelebihan penggunaan media lagu. Pertama, dapat diputar berulang-ulang sesuai kebutuhan siswa. Kedua, mampu mengembangkan imajinasi siswa. Ketiga, sangat efektif untuk pembelajaran bahasa. dan keempat, penggandaan programnya sangat mudah dan bisa diberikan kepada siswa. Sedangkan kelemahan media lagu yaitu daya jangkau yang terbatas dan biaya penggandaan alatnya relatif mahal. Dari kelebihan maupun kekurangan, pembelajaran menulis puisi melalui media lagu dapat meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar kelas V SDN 01 Sukorejo, Kecamatan Ulijami, Kabupaten Pemalang. Sehingga siswa lebih termotivasi serta dapat meningkatkan ketrampilan menulis puisi dan hasil belajar meningkat. (*)