Gallery Walk untuk Perkuat Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Oleh: Nurrochmi Endang Kusrini. S.Pd.
Guru SDN 02 Tambakrejo, Pemalang

PEMBELAJARAN Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang Perkembangbiakan hewan dan Tumbuhan mencakup materi yang sangat banyak. Sesuai materi tersebut, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi berbagai cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan dan mengidentifikasi ciri-ciri serta cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan tersebut.

Selamat Idulfitri 2024

Namun pada Materi Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, siswa mulai mengalami kesulitan. Hal ini terjadi karena pengalaman siswa yang kurang memadai. Sehingga materi tersebut tidak dikuasai dengan baik. Materi yang terhitung banyak, berbobot dan tergolong rumit membuat siswa mengalami kesulitan ketika belajar.

Permasalahan dalam pembelajaran IPA Materi Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan juga berkaitan dengan guru. Pembelajaran berpusat pada buku teks sebagai sumber belajar, sehingga tidak ada sinkronisasi dengan prinsip-prinsip IPA yang ditunjang dengan pengamatan. Pembelajaran pun tidak didukung dengan media pembelajaran, misalnya poster atau media gambar karena keterbatasan sarana dan prasarana.

Selain itu, pembelajaran juga berlangsung klasikal, sehingga siswa tidak aktif dan cenderung tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Pada akhirnya, siswa mengalami kesulitan belajar dan mencapai hasil belajar yang tidak memuaskan.

Secara ideal, pembelajaran IPA ditunjang dengan pengamatan dan percobaan. Sehingga pemahaman konsep menjadi kuat. Untuk itu, pembelajaran membutuhkan media pembelajaran yang relevan dengan materi. Sesuai materi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.

Media pembelajaran berperan sebagai model, yang membuat materi menjadi konkrit dan menarik. Media pembelajaran yang sederhana dan efektif adalah media gambar. Pembelajaran dengan media gambar yang beragam akan relevan dengan materi, sehingga  menjadi sumber belajar yang inovatif.

Pemanfaatan media gambar beragam sesuai dengan model pembelajaran tertentu. Salah satu model pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar adalah Model Gallery Walk. Model ini merupakan metode belajar dengan cara memamerkan karya, sebagai hasil tugas bersama kepada kelompok lain,

Tujuan pembelajaran dengan Model Gallery Walk adalah membangun kerja sama kelompok dan saling memberi apresiasi dan koreksi dalam belajar. Pembelajaran dengan Model Gallery Walk juga memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Terutama karena peserta didik bekerja sama dan mengemukakan informasi yang didapat dalam galeri serta melibatkan dalam pembelajaran secara aktif.

Selain itu, peserta didik juga menemukan informasi baru dari kelompok lain saat berjalan mengamati hasil kerja kelompok tersebut. Pembelajaran IPA materi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan dengan tahap-tahap perkembangbiakan tertentu, sehingga aspek pengamatan pada objek terpenuhi.

Siswa bersama dengan kelompoknya mengurutkan gambar-gambar tersebut, kemudian menempelkan, mengamati hasil tugas kelompok lain dan mengikuti pembahasan dalam diskusi kelas. Tugas tersebut berbeda-beda untuk setiap kelompok. Dengan menerapkan pembelajaran dengan Model Gallery Walk, diharapkan hasil belajar diharapkan akan meningkat.

Model pembelajaran Gallery Walk dalam pembelajaran ini terdiri dari belajar bersama, bekerja sama, mengamati hasil tugas kelompok lain, serta pembahasan dan koreksi hasil tugas kelompok lain. Siswa dan kelompoknya belajar bersama dengan berdiskusi sesuai dengan materi dalam gambar.

Pada saat bersamaan, siswa dan kelompoknya mengurutkan dan menempel gambar pada dinding yang ditentukan, baik secara mendatar maupun menurun. Kemudian, siswa dan kelompoknya mengamati hasil tugas kelompok lain yang ditempel. Terakhir adalah pembahasan dan koreksi yang berlangsung secara bersamaan.

Penggunaan metode ini menajdi efektif ketika setiap elemen dalam proses pembelajaran mampu bekerja sama dan memaksimalkan peran masing-maisng. Sehingga hasil pembelajaran pun menjadi lebih optimal dan mampu memenuhi kurikulum yang dicapai. (*)