Budaya  

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Ikuti Gelaran Pasar Rakyat Ngadirejeh di Temanggung

Dokumentasi Gelaran Pasar Rakyat Ngadirejeh di Temanggung. 17/07/22. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

TEMANGGUNG, Joglo Jateng– Mahasiswa KKN Mandiri Misi Khusus (MMK) kelompok 41 UIN Walisongo Semarang berpartisipasi dan berinovasi dalam gelaran Pasar Rakyat Ngadirejeh di Ngadirejo, Temanggung (17/7).

Penanggung jawab acara Ngadirejeh, Adit mengatakan jika pasar rakyat diadakan setiap hari Ahad Wage dan sudah berjalan selama dua bulan.

Selamat Idulfitri 2024

“Kegiatan ini terbuka untuk umum. Jika ingin melihat dan mendapatkan berbagai makanan lebih lengkap harus berangkat lebih awal,” katanya.

Pagelaran ini juga menjadi ajang promosi produk oleh warga setempat. Terdapat produk UMKM seperti kopi, rempeyek, kue cucur, dan lain sebagainya yang disediakan selama acara berlangsung.

“Untuk memperkenalkan produk kopi khas Liyangan dari bawah Gunung Sindoro kepada masyarakat luas,” ujar Sumiati, salah satu pengusaha UMKM yang ikut dalam acara.

Dalam pagelaran ini, tim KKN kelompok 41 ikut meramaikan acara dengan melakukan inovasi membuat gaun dengan mendaur ulang sampah plastik.

Dari acara ini pula, menjadi kesempatan bagi para kolektor barang-barang kesenian untuk membeli barang unik dan menarik. Barang yang ditawarkan kan pun merupakan karya lokal dari warga sekitar. (*)