Scrapbook sebagai Media Pembelajaran Menarik untuk Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Oleh: Dwi Kundayati, S.Pd.SD
Guru SDN 03 Pegundan, Kec. Petarukan, Kab. Pemalang

MEDIA pembelajaran menjadi sarana penting dalam komponen pembelajaran. Selain adanya guru dan siswa yang saling berinteraksi, media dibutuhkan untuk menjadi komponen pendukung sebagai fasilitas sarana suatu sumber terpercaya yang sudah terancang, sehingga dapat menimbulkan pembelajaran yang menarik dan kondusif.

Selamat Idulfitri 2024

Siswa diharapkan mendapatkan pembelajaran yang bermakna, sehingga proses pembelajaran dapat maksimal dan memperoleh hasil belajar yang baik. Agar memperoleh hasil pembelajaran yang baik, maka dalam proses pembelajaran ditunjang dengan media. Terlebih untuk siswa kelas 2 yang masih sangat memerlukan media konkret untuk memahami materi pelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi siswa kelas 2 sekolah dasar adalah dengan media scrapbook.

Scrapbook berasal dari gabungan dua kata, yaitu scrap yang artinya barang sisa dan book yang artinya buku, merupakan sebuah seni menghias dan mendesain foto dengan menggunakan bahan sisa. Scrapbook dapat dijadikan media pembelajaran yang menarik bagi kelas 2 SD karena memuat gambar, foto, dan hiasan lain yang memiliki beragam warna dan bentuk. Berbagai tempelan dari berbagai bahan tersebut dapat dipadukan dengan tulisan dengan perpaduan warna yang menarik sehingga memotivasi anak untuk membaca dan belajar. Siswa akan tertarik ketika melihat gambar dengan berbagai hiasan, sehingga mendorong mereka untuk membaca catatan penting yang terdapat pada scrapbook yang berisi materi pelajaran. Materi yang disertai gambar juga akan mudah dipahami dan diingat oleh siswa, yang akan menjadikan pengalaman belajar yang bermakna.

Media scrapbook bersifat realistis dalam menunjukkan pokok pembahasan, karena kita dapat menyajikan sebuah objek yang terlihat nyata melalui gambar atau foto. Misalnya materi tentang makhluk hidup di lingkungan sekitar, kita dapat memberi gambar atau foto hewan dan tumbuhan yang terlihat nyata. Hal ini sangat berbeda ketika siswa hanya belajar dengan tulisan saja yang membuat siswa mudah bosan dan kurang memahami. Media scrapbook dapat mengatasi keterbatasan waktu dan ruang. Media scrapbook juga menjadi salah satu solusi mengenai banyaknya peristiwa atau objek yang sulit disajikan secara langsung dan sulit diulang. Siswa akan sangat terbantu karena lebih mudah mempelajari dan memahami sesuatu yang belum pernah mereka lihat dan hal-hal yang memerlukan pengulangan ketika mempelajarinya.

Cara pembuatan scrapbook tidaklah sulit, sehingga memudahkan guru untuk membuatnya. Bahkan siswa juga bisa diajak untuk membuat sendiri media scrapbook yang akan mereka gunakan untuk belajar. Pada dasarnya pembuatan media scrapbook hanyalah menempel gambar atau foto dengan memberi berbagai hiasan dan catatan penting. Siswa juga bisa dilatih untuk belajar mandiri ketika membuat scrapbook. Bahan yang digunakan untuk membuat scrapbook mudah didapatkan. Kita bisa menggunakan berbagai bahan sisa, seperti gambar-gambar di majalah yang sudah tidak terpakai, atau kertas sisa yang berwarna. Hiasan-hiasan lain seperti pita dan manik-manik juga bisa kita tambahkan untuk memperindah media scrapbook. Bahkan sampah seperti daun kering dan ranting juga bisa dikreasikan untuk hiasan.

Siswa dan guru dapat membuat media scrapbook secara bersama-sama, sehingga dapat menumbuhkan kreativitas. Scrapbook merupakan seni menyusun gambar atau foto dengan berbagai hiasan, hal ini sangat membantu siswa agar lebih kreatif. Penyusunan media scrapbook juga bisa diaplikasikan dalam penilaian keterampilan untuk siswa. Terakhir, pemanfaatan barang sisa untuk membuat media scrapbook dapat mengurangi sampah di lingkungan sekitar. Kertas-kertas dan gambar-gambar sisa yang sudah tidak terpakai akan menjadi lebih bermanfaat ketika digunakan untuk membuat media scrapbook.

Berbagai kelebihan dan manfaat media scrapbook tersebut sangat mendukung kegiatan pembelajaran dan membantu siswa lebih bersemangat dalam belajar. Mengingat penggunaan media yang sangat penting bagi siswa kelas 2 SD, scrapbook dapat menjadi solusi untuk mendorong minat belajar siswa dan juga membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. (*)