Pemkab Wujudkan Ekosistem Digital, Menuju Desa Digital

BANGGA: Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat menerima pengahargaan Kepala Daerah Inovatif pada acara Satria Brand Award di salah satu hotel di Semarang, Rabu (27/7). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang tengah ancang-ancang menuju desa digital, dengan mewujudkan ekosistem digital. Hal itu lantaran diperlukannya penyediaan layanan pemerintah desa yang mudah, cepat dan efisien. Sebab, terbentuknya ekosistem digital di desa, merupakan keniscayaan untuk menghadapi perubahan yang cepat.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengatakan, salah satu program unggulan Pemkab Pemalang Tahun 2021-2026, yaitu mewujudkan ekosistem digital. Karena membentuk ekosistem digital merupakan bagian tidak terpisahkan untuk mewujudkan program desa digital.

Selamat Idulfitri 2024

Lanjut Bupati, untuk mewujudkan desa digital dalam konteks makro, merupakan upaya untuk menggapai indikator dalam Sustainable Development Goals (SDGs) desa. Di mana semua pelayanan pemerintahan mensyaratkan adanya percepatan eksekusi, kemudahan dalam proses, dan outcome yang baik bagi para stakeholder desa.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Bakepok di Pemalang Naik

“Desa digital secara umum untuk memenuhi indikator SDGs Desa. Kelak, jika ekosistem digital sudah kondusif, desa digital dengan sendirinya akan terwujud. Di mana pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi diintegrasikan dengan layanan publik dan kegiatan ekonomi masyarakat,” terang Bupati Agung, seraya menandaskan untuk terwujudnya desa digital.